Wajib Cek! Ini Dia 5 Jenis Channa Terkecil

Wajib Cek! Ini Dia 5 Jenis Channa Terkecil – Ikan gabus atau snakehead yang semula dikenal sebagai bahan makanan kini telah menjadi ikan hias yang cukup populer di kalangan hobbies. Bahkan kepopuleran dari ikan yang terkenal dengan sebutan ‘Channa‘ ini sudah hampir setara dengan ikan predator hias lainnya seperti ikan Arwana.

Kebanyakan orang mengurungkan niat untuk memelihara Channa karena ukurannya yang besar yang tentunya memerlukan aquarium yang besar juga. Akan tetapi perlu diketahui ternyata ada beberapa jenis Channa dengan ukuran kecil yang cocok dipelihara dan dijadikan sebagai ikan hias di aquarium yang berukuran kecil atau sedang.

Adapun keuntungan memelihara ikan Channa terkecil ini adalah perawatan yang tidak terlalu sulit dan pakan yang tidak terlalu banyak. Selain itu ikan gabus hias juga termasuk ikan yang tidak rewel untuk dipelihara dan cocok untuk anda yang baru saja mulai memelihara ikan.

Pada artikel kali ini Ceritaikan.com akan membagikan tentang informasi 5 Channa terkecil yang bisa anda pelihara di rumah anda.

 

Daftar 5 Jenis Channa Terkecil Yang Cocok Untuk Dipelihara Di Rumah

Berikut ini rangkum oleh penulis ceritaikan.com tentang 5 jenis Channa terkecil yang bisa anda pilih sebagai ikan hias predator di rumah anda.

1. Channa Auranti

Gambar Foto Ikan Channa Auranti
Gambar Foto Ikan Channa Auranti

Channa Auranti bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan jika ingin memelihara ikan tetapi memiliki ukuran aquarium yang kecil. Selain itu banyak yang bilang ikan gabus hias jenis ini sangat mirip dengan Channa Barca (salah satu jenis ikan gabus hias yang langka dan mahal dari India).

Channa Auranti memiliki tubuh dengan warna coklat disertai dengan garis-garis vertikal berwarna oranye. Dari bentuk fisik. ikan ini memiliki warna yang sedikit lebih kecil daripada sirip depannya. Yang membuat ikan ini lebih menarik lagi adalah warna kebiru-biruan di sekujur kepalanya.

Untuk ukuran sendiri, ikan Channa Auranti termasuk jenis snakeheads kecil. Ikan ini bisa tumbuh maksimal hanya sampai sekitar 40cm saja. Jadi bisa disimpulkan bahwa ikan ini sangat cocok jika anda ingin memelihara ikan hias predator yang tidak terlalu besar dan memakan tempat.

 

2. Channa Asiatica

Gambar Ikan Channa Asiatica
Gambar Ikan Channa Asiatica

Channa Asiatica bisa dibilang salah satu jenis channa terkecil yang cukup populer untuk dipelihara para pecinta ikan predator. Ikan ini memiliki julukan green snakehead atau chinese snakehead. Ikan ini berasal dari lembah sungai Chang Jiang dan lembang sungai Xun di provinsi Guangxi dan Guangdong yang terkenal sangat hijau dan asri.

Ikan ini memiliki warna hitam, kuning, dan warna merah dengan corak white spot atau red spot. Hal tersebut pula yang dijadikan acuan untuk membedakan penyebutan Channa Asiatica WS dan Channa Asiatica RS.

Ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah jika anda memiliki tank aquarium dengan ukuran kecil atau sedang. Dengan warnanya yang unik sepertinya sangat cocok untuk ditaruh di ruang tamu anda.

Untuk ukuran maksimum, ikan Channa Asiatica bisa tumbuh dengan panjang maksimal hingga 35 cm. Sekedar info jika anda ingin memelihara ikan jenis ini, pastikan 1 aquarium hanya diisi dengan satu Channa Asiatica karena ikan ini akan cenderung berkelahi jika digabungkan dengan ikan lainnya.

 

3. Channa Andrao

Gambar Ikan Channa Andrao
Gambar Ikan Channa Andrao

Jika ukuran Channa Auranti dan Channa Asiatica masih terbilang cukup besar bagi anda dan menginginkan jenis yang lebih kecil, mungkin Channa Andrao adalah jawabannya. Channa Andrao merupakan ikan hias gabus kecil dengan ukuran maksimal hanya sekitar 11 cm saja.

Selain dari ukuran ikan ini juga memiliki corak warna yang cukup unik dan menarik dengan warna ke abu-abuan dicampur dengan warna coklat dan sirip indah berwarna biru yang membentang.

Ikan Channa Andrao sendiri merupakan ikan endemik yang berasal dari lembah Sungai Brahmaputra di timur laut India.

 

4. Channa Bleheri

Gambar Ikan Channa Bleheri
Gambar Ikan Channa Bleheri

Rainbow Snakehead adalah julukan bagi jenis Channa yang satu ini, yaitu Channa Bleheri si ikan gabus pelangi titisan sungai Brahmaputra India. Ikan ini menjadi salah satu favorit para pecinta ikan gabus hias karena warnanya yang cantik seperti pelangi.

Ikan ini memiliki warna dasar kecoklatan dengan bintik-bintik merah jingga yang cerah. Selain itu sirip berwarna biru cerah membuat ikan ini semakin menawan. Channa Bleheri diklaim memiliki warna yang lebih cerah dan ukuran yang lebih besar daripada betinanya.

Ikan Channa Bleheri merupakan salah satu Dwarf Snakehead yang bisa tumbuh hingga 17 cm. Satu hal yang menarik dan membedakan Channa Bleheri dengan jenis Channa lainnya adalah ikan ini termasuk ikan yang damai dan digabungkan dengan ikan jenis lainnya dalam satu tangki akuarium.

 

5. Channa Pulchra

Gambar Ikan Channa Pulchra
Gambar Ikan Channa Pulchra

Peacock snakehead atau Channa Pulchra adalah salah satu jenis Channa hias terkecil yang bisa anda pilih untuk dipelihara. Ikan jenis ini sangat sering sekali masuk kedalam kelas yang dipertandingkan dalam sebuah kontes ikan Channa.

Dari segi warna ikan ini juga sangat menarik dengan warna tubuh keabu-abuan bahkan kebiruan dengan bintik-bintik hitam dan bercak oranye. Selain itu 4 pita berwarna putih pada sirip dadanya menambah cantik ikan ini.

Untuk ukuran, Channa Pulchra jantan memiliki kepala yang lebih lebar dan sirip punggung yang lebih tinggi daripada betinanya. Selain itu anal fin atau sirip yang dekat dengan kelamin lebih cerah warnanya.

Selain itu ikan ini memiliki julukan ‘ikan Gabus Ganteng asal Myanmar’ yang tentunya memiliki pamor tersendiri dikalangan pecinta Channa. Sedangkan untuk ukuran ikan Channa Pulchra diklaim bisa tumbuh hingga 30 cm saja, jadi sangat cocok untuk tank aquarium kecil atau sedang.

 

Sekian dulu artikel kali ini yang memberikan informasi tentang jenis Channa terkecil yang bisa anda pelihara di rumah sebagai ikan predator hias. Sebelum memelihara salah satu jenis ikan tersebut, pastikan anda sudah mengetahui karakteristiknya dan perawatan yang dibutuhkan serta makanan yang tepat. Terima kasih sudah membaca!.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page