5 Rekomendasi Makanan Untuk Ikan Channa Kecil

5 Rekomendasi Makanan Ikan Channa Yang Masih Kecil – Ikan Channa atau ikan gabus saat ini telah menjadi ikan predator yang banyak dipelihara para hobbies ikan hias di Indonesia. Beberapa jenis ikan Channa yang banyak dipelihara diantaranya seperti: Channa Limbata, Channa Marulioides, Channa Pleurophthalma, Channa Argu, Channa Barca, Channa Stewarti, Channa Andrao, Channa Asiatica, Channa Bleheri, Channa Auranti, Channa Pulchra dan masih banyak lagi.

Jenis ini yang termasuk kedalam keluarga gabus atau snakeheads ini mulai banyak dipelihara karena corak warnanya yang menarik dan karakteristik yang garang. Selain itu sudah banyak sekali kontes-kontes kejuaraan untuk ikan Channa di kota-kota besar. Setiap ikan Channa yang memenangkan kontes di kelasnya masing-masing tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk keeper dan bisa mendongkrak harga ikan tersebut.

Untuk menciptakan Ikan Channa dengan kualitas kontes tentunya membutuhkan perawatan yang telaten. Salah satu hal yang berpengaruh kepada kualitas ikan ini adalah pemberian makanan yang tepat mulai dari ikan masih kecil hingga dewasa. Hal tersebut tentunya untuk memaksimalkan corak dan warna ikan yang muncul nantinya dan menjaga mental ikan tetap garang saat dikonteskan.

Berikut ini 5 rekomendasi makanan ikan Channa yang masih kecil menurut situs Ceritaikan.com adalah sebagai berikut ini.

 

5 Rekomendasi Makanan Ikan Channa Yang Masih Kecil

1. Udang

Udang merupakan salah satu makanan asli ikan Channa di habitat aslinya. Anda bisa memberikan udang segar yang sudah dicacah atau dipotong-potong dalam ukuran kecil untuk diberikan kepada ikan Channa anda yang masih kecil. Jika dirasa sulit untuk mendapatkan udang segar dan ingin menghindari kemungkinan ikan sakit karena terkena parasit ataupun bakteri dari pakan hidup. Opsi lainnya anda bisa memberikan makanan udang kering kemasan yang saat ini banyak dijual di toko ikan hias offline maupun online.

Pemberian pakan berupa udang dipercaya dapat membuat ikan Channa bisa memunculkan warna yang cantik dan memaksimalkan pertumbuhan ikan Channa yang masih kecil. Selain itu udang juga termasuk makanan yang mengandung protein yang tinggi.

2. Maggot

Maggot atau larva dari lalat hitam besar merupakan makanan ikan yang mengandung protein tinggi. Hal ini tentunya sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan channa anda. Biarpun termasuk sebagai salah satu jenis pakan eksklusif, saat ini sudah banyak pembudidaya yang membuat pakan ini mudah didapatkan.

3. Cacing Sutra

Cacing Sutra bisa dibilang salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk makanan ikan Channa yang masih kecil. Selain kaya protein,lemak dan nutrisi yang tinggi, cacing sutra juga memiliki tekstur yang halus dan mudah dicerna oleh ikan kesayangan anda. Selain itu pakain ini memiliki serat dan kandungan mineral yang tinggi dan cocok untuk memperbaiki pencernaan ikan.

Anda dapat membeli cacing sutra di toko-toko ikan hias terdekat di kota anda atau dapat membelinya secara online di marketplace.

4. Kutu Air

Pemberian makanan berupa kutu air dipercaya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang ikan Channa. Hal ini tentunya sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan Channa yang masih kecil. Selain itu pemberian pakan hidup ini membuat ikan lebih aktif untuk mencari mulai berburu dan membuat ikan memiliki mental yang garang.

5. Pelet

Pelet merupakan pakan praktis yang bisa anda berikan untuk ikan anda. Saat ini sudah tersedia berbagai macam pelet dengan kandungan protein dan vitamin yang bisa berpengaruh untuk memaksimalkan warna dan corak ikan.

Anda bisa memberikan pelet yang mengandung astaxanthin untuk memaksimalkan warna kuning dan merah pada ikan, Contohnya seperti ikan Channa marulioides dan Channa aurantimaculata.

Sedangkan untuk ikan channa yang berwarna biru, seperti Channa pulchra, Channa andrao dan Channa limbata. Anda bisa memberikan makanan berupa pelet dengan kandungan Spirulina, sebuah senyawa bioaktif karotenoid yang dapat mencerahkan warna ikan.

 

Tips Pemberian Makanan Pada Ikan Channa Yang Masih Kecil

Pilihlah pakan berdasarkan warna dasar dari ikan Channa yang anda pelihara. Anda bisa menggunakan pakan hidup ataupun pelet disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ikan. Pemberian pakan yang optimal tentunya dapat mendukung peningkatan corak warna, ukuran ikan dan mental ikan itu sendiri.

Anda dapat memberi makan Ikan Channa anda setiap 2-3 kali sehari disesuaikan dengan ukuran ikan dan nafsu makan ikan itu sendiri. Pastikan tidak memberikan pakan berlebih untuk menghindari ikan terlalu kenyang sehingga menjadi tidak aktif.

Perawatan dan pemberian makanan yang tepat untuk ikan Channa yang masih kecil tentunya akan berpengaruh sekali terhadap kualitas dan mental ikan tersebut saat di konteskan nantinya.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page