Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid): Si Lumba-Lumba Air Tawar

Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid) merupakan ikan hias air tawar yang bentuknya hampir mirip dengan ikan lumba-lumba di laut. Ikan ini merupakan ikan predator berukuran sedang yang masuk ke dalam keluarga Mormyridae dan memiliki nama ilmiah Caschive Mormyrus. Ikan ini berasal dari sungai Nil dan beberapa anak sungai lainnya yang mengalir di beberapa negara seperti i Mesir, Ethiopia, Sudan Selatan, Sudan dan Uganda.

Dari segi fisik, Baby Dolphin memiliki warna tubuh keabu-abuan yang cenderung gelap di sisi atas tubuhnya. Ia memiliki mulut dan hidung yang unik seperti belalai gajah. Sirip dorsal mereka memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sirip duburnya. Mereka dapat tumbuh dan memiliki panjang maksimal hingga 75 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kilogram (22 lb).

Ikan ini sangat aktif di malam hari dibandingkan pada siang hari. Mereka akan mencari makan berupa rumput-rumput liar, ikan-ikan kecil, telur ikan dan hewan-hewan kecil yang mereka bisa temui. Baby Dolphin akan berburu dan menemukan mangsanya dengan mengeluarkan getaran listrik yang dihasilkan dari tubuhnya. Selain itu getaran listrik tersebut digunakan mereka untuk mendeteksi predator yang ingin memangsa mereka.

Eastern Bottlenose Mormyrid sangat suka hidup membentuk koloni dan bersembunyi di rumput-rumput air liar. Mereka juga suka terlihat di gua-gua kecil dibawah air dan daerah berlumpur dengan dasar pasir yang empuk. Ikan ini merupakan ikan yang damai dan pemalu, tetapi terkadang mereka sangat suka berkelahi dengan jenis mereka sendiri.

 

Perawatan Ikan Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid) Dalam Akuarium

Perawatan Ikan Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid) Dalam Akuarium
Perawatan Ikan Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid) Dalam Akuarium

Dikarenakan ikan Baby Dolphin termasuk perenang aktif, sangat disarankan untuk menggunakan tangki akuarium yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 55 galon – 250 galon. Ikan Lumba-lumba Air Tawar membutuhkan tempat yang luas untuk bersembunyi, seperti gua dan tanaman, tetapi juga membutuhkan bagian perairan terbuka untuk berenang dan berakar di pasir.

Anda bisa memelihara mereka dengan kondisi suhu air yang direkomendasikan, yaitu 77°F hingga 82°F. Meskipun mereka dapat mentolerir suhu hingga 82°F, Ikan Lumba-lumba Air Tawar paling nyaman pada suhu 78°F. Agar mereka tetap bahagia dan tidak stress, sangat disarankan untuk menjaga tangki pada kisaran suhu yang lebih rendah. Untuk tingkat keasaman air, anda bisa setting 6,5 ​​dan 8,0 pH, dengan konsensus bahwa mereka paling baik dari 6,5 hingga 7,2 pH. Pastikan untuk rutin menjaga kualitas air dengan menggantinya secara rutin.

Ikan lumba-lumba air tawar ini sejatinya merupakan ikan yang rakus, akan tetapi mereka juga suka pilih-pilih makanan. Kebanyakan dari mereka akan tidak bisa diberi makanan berupa pelet, biarpun mereka memakannya beberapa saat kemudian akan dimuntahkannya kembali. Praktik paling cocok adalah anda bisa memberikan mereka makanan sesuai dengan makanan di habitat aslinya.

Anda bisa memberikan mereka makanan berupa cacing tanah, cacing darah, udang, ulat atau larva dan beberapa ikan kecil. Disarankan agar cacing darah direndam dalam vitamin ikan, dan saat ikan menjadi lebih nyaman makan, secara bertahap tingkatkan keragaman makanan. Ikan lumba-lumba air tawar memiliki metabolisme yang cepat dan selalu aktif, oleh karena itu ikan yang lebih kecil ini harus diberi makan 4 sampai 5 kali sehari sampai panjangnya minimal 8 inci, setelah itu pemberian makan dapat dikurangi menjadi 3 kali sehari.

 

Umur Ikan Lumba-Lumba Air Tawar Atau Baby Dolphin

Tidak ada catatan umur yang pasti untuk Ikan Lumba-Lumba Air Tawar. Sementara satu sumber mencantumkan umur mereka 15 tahun, umur yang diterima secara umum untuk Ikan Lumba-lumba Air Tawar adalah antara 6 sampai 10 tahun. Sebuah studi yang dilakukan pada umur Mormyrus Rume di alam liar menemukan rata-rata ikan hidup sampai 6 tahun, sehingga dapat diasumsikan bahwa Ikan Lumba-lumba Air Tawar memiliki umur yang sama. Namun, dipelihara dalam kondisi optimal di penangkaran ada potensi ikan hidup lebih lama.

 

Tankmate

Ikan Baby Dolphin bisa dibilang ikan yang damai dan pemalu, akan tetapi anda tidak menggabungkan ikan ini dengan beberapa ikan predator lainnya. secara khusus, Ikan Lumba-Lumba Air Tawar tidak boleh dipelihara dengan ikan listrik lain yang dapat mengganggu arus listriknya sendiri. Beberapa pemelihara melaporkan memelihara ikan mereka dengan Black Ghost Knife Fish, ikan listrik lainnya, namun disarankan untuk memisahkannya. Ikan Lumba-Lumba Air Tawar tidak cocok dengan teman akuarium yang lebih kecil dari mulutnya, karena dianggap memakan ikan kecil sebagai bagian dari makanannya di alam liar.

 

Dimana Bisa Membeli Baby Dolphin Dan Berapa Harganya?

Ikan Lumba-Lumba Air Tawar bukanlah ikan yang dilindungi dan memiliki populasi yang banyak di alam liar. Ikan ini dapat dengan mudah anda temukan dipasar ikan, toko ikan hias ataupun marketplace online.  Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan harga Rp 35.000 sampai dengan Rp 70.000 sesuai dengan ukuran dan jenisnya, biasanya penjual mulai memperjualbelikan ikan ini mulai dari ukuran 5 cm keatas.

 

Demikian artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang membahas tentang “Baby Dolphin (Eastern Bottlenose Mormyrid): Si Lumba-Lumba Air Tawar”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda para pecinta ikan hias di seluruh Indonesia.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page