Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai)

Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai)

Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai) adalah salah satu jenis ikan Arwana yang berasal dari negara Brazil. Ikan ini bisa dibilang memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan jenis lainnya, yaitu Silver Arowana (Osteoglossum bicirrhosum), yang menjadi perbedaan mencolok tentunya saja warnanya.

Arwana Hitam Brazil memiliki habitat asli dan dapat ditemui di di lembah Rio Negro dan Sungai Branco. Ikan ini terkadang sudah terlihat meloncat keluar dari air untuk menangkap buruannya. Mereka biasanya akan berenang di daerah permukaan air untuk mencari makan, makanan utama mereka adalah udang, serangga, ikan kecil, dan hewan lain yang mengapung di permukaan air.

 

Klasifikasi Ilmiah

Berikut ini klasifikasi ilmiah ikan Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai) atau Arwana Hitam Brazil:

  • Kerajaan: Animalia
  • Divisi: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Suku: Osteoglossiformes
  • Keluarga: Osteoglossidae
  • Marga: Osteoglosus
  • Jenis: O.ferreirai

 

Ciri-Ciri Fisik Ikan Black Arwana Brazil

Foto Arwana Hitam Brazil
Foto Arwana Hitam Brazil

Ciri-ciri ikan ini adalah ia memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan ekor yang meruncing layaknya seperti pisau belati jika dilihat dari sisi samping. Mereka dapat tumbuh dengan panjang maksimum rata-rata sekitar 1 meter.

Ikan Black Arwana Brazil remaja memiliki kepala berwarna hitam dengan tanda berwarna kuning mulai dari kepala, tubuh hingga ekornya. Akan tetapi tanda tersebut akan menghilang saat mereka tambah dewasa dan berubah warna atau bermutasi. Saat ini ini dewasa mereka akan memiliki corak warna kehitaman yang menyebar di sekujur tubuhnya.

Selain itu jika dibandingkan dengan Silver Arwana , mereka tumbuh jauh lebih lambat dan juga memiliki tubuh yang lebih ramping.

 

Sifat

Arwana Hitam Brazil merupakan ikan predator air tawar, bisa dibilang ikan ini memiliki sifat yang ganas ketika memangsa buruannya. Mereka dijuluki dengan sebutan ‘ikan monyet‘ karena terkenal suka melompat dari permukaan air untuk menangkap buruannya. Dalam beberapa kasus di alam, Black Arwana dewasa bisa memangsa hewan mamalia seperti kelelawar kecil dan monyet kecil.

SIkan ini akan produktif berkembang biak saat musim air sungai sedang tinggi. Disini para jantan akan membuahi para betina mereka dan bisa bertelur hingga 200 telur. Ikan jantan akan menetaskan telur-telur tersebut di mulut mereka sampai menetas. Anakan ikan akan dilepaskan atau keluar dari ikan arwana jantan saat tubuh mereka berukuran sekitar 5-7 cm.

 

Perawatan Black Arwana Brazil Dalam Akuarium

Karena ikan arwana ini dapat tumbuh hingga 1 meter lebih, tentunya anda harus menyediakan tanki akuarium yang memiliki panjang sekitar 3 m dan lebih 1,5 meter. Selain itu pastikan kaca akuarium cukup tebal dan kokoh untuk menampung volume air dan dilengkapi penutup karena ikan ini suka melompat keluar. Untuk suhu air, ikan Black Arwana Brazil cukup nyaman berada di suhu 24 ° C – 28 ° C dengan tingkat kesadahan air 6,0-7,0 Ph.

Untuk makanan anda bisa memberikan ikan-ikan kecil, udang hingga serangga untuk mencukupi nutrisi dan protein mereka. Sesuaikan ukuran makanan yang anda berikan dengan ukuran ikan arwana yang anda miliki. Ikan arwana remaja tentunya membutuhkan banyak protein untuk mendukung pertumbuhannya. Anda bisa memberikan mereka makan dua kali sehari untuk mengimbangi tingkat pertumbuhannya yang cepat.

Saat mereka tumbuh lebih besar, pertumbuhan mereka melambat seiring dengan metabolisme mereka. Secara alami, mereka akan mengurangi nafsu makan dan menerima lebih sedikit makanan. Anda bisa memberi makan sub-dewasa kepada orang dewasa sekali sehari.

Anda harus memberi mereka makan selama mereka masih menerima makanan. Pastikan untuk segera membuang semua makanan yang tidak dimakan untuk menghindari lonjakan kadar amonia.

 

Baca Juga: Cek! Ini 5 Makanan Untuk Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar 

 

Harga Ikan Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai)

Jika anda tertarik ingin memiliki Ikan Black Arwana Brazil, saat ini anda bisa membelinya di toko ikan hias ataupun marketplace online. Adapun berikut ini referensi harga terbaru dari ikan Black Arwana Brazil adalah sebagai berikut:

  • Ukuran 7-9 cm berada di kisaran harga sekitar 600 rb-800 rb rupiah
  • Ukuran 10 – 15 cm berada di kisaran harga 900 rb-1,5 jt rupiah
  • Up 20 cm ikan Black Arwana Brazil bisa dihargai senilai 2 jt rupiah keatas

Harga tersebut tentunya bisa berubah-ubah sesuai dengan kualitas ikan, jumlah pasokan dan permintaan dari ikan tersebut.

 

Demikianlah informasi kali ini dari Ceritaikan.com yang membahas tentang Black Arwana Brazil (Osteoglossum ferreirai) atau Ikan Arwana Hitam Brazil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *