Cara Untuk Memulai Breeding Ikan Channa Untuk Pemula

Cara Untuk Memulai Breeding Ikan Channa Untuk Pemula – Terkadang hobi memelihara ikan channa bisa menjadi sumber penghasilan jika anda tertarik untuk mengembangbiakan atau breeding. Hal tersebut bisa dilakukan jika anda memiliki sepasang ikan channa atau lebih. Akan tetapi mengawinkan ikan channa tentunya tidak bisa sembarangan dilakukan apalagi anda yang baru saja memulai breeding ikan channa. Jika sembarangan alih-alih kawin dan beranak, ikan channa yang anda kawinkan malah bisa saling menyerang satu sama lain dah mungkin saja menyebabkan cedera, cacat atau kematian pada ikan.

Sebelum anda memulai untuk proses perkawinan dua ikan channa jantan dan betina tentunya ada proses yang mesti dilalui terlebih dahulu. Salah satunya adalah proses menjodohkan kedua ikan channa. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis Ceritaikan.com akan memberikan beberapa langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai breeding ikan channa.

 

5 Langkah Untuk Breeding Ikan Channa Untuk Menghasilkan Ratusan Telur

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mulai breeding ikan channa untuk mulai menghasilkan ratusan telur ikan channa.

1. Sepasang Ikan Channa Dewasa Siap Kawin

Hal pertama yang perlu anda persiapkan untuk memulai menjodohkan ikan channa tentunya adalah memiliki sepasang ikan jantan dan betina yang sudah cukup umur untuk bereproduksi. kisaran usia ikan channa yang siap kawin adalah 9 bulan hingga 1 tahun ikan betina dengan organ reproduksi yang sudah matang dapat menghasilkan ribuan butir telur sebaliknya jika memberikan terlalu muda dengan kondisi reproduksi yang belum matang kemungkinan untuk gagal cukuplah tinggi.

2. Menjodohkan Ikan

Sebelum masa breeding lakukan karantina terhadap ikan yang akan dikawinkan dengan cara menempatkan ikan channa jantan dan betina dalam akuarium yang telah diberi sekat transparan Hal ini bertujuan agar kedua ikan saling mengenal terlebih dahulu dan menghindari perkelahian ketiga digabungkan nantinya. Ini bisa disebut proses perjodohan dimana kita membiarkan ikan untuk saling mengenal sampai mereka benar-benar bisa menerima satu sama lain. Biasanya proses perjodohan bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Disini anda harus mengamati benar bahwa ikan sudah benar-benar berjodoh untuk siap kawin atau tidak.

3. Mengawinkan Ikan

Jika dirasa ikan channa anda sudah nyaman satu sama lain dan tidak ada indikasi untuk menyerang satu sama lain. Maka disini anda sudah mulai bisa menggabungkan kedua ikan jantan dan betina dalam satu akuarium atau wadah yang sama tanpa sekat atau pembatas. Sebelum masukkan ikan ke dalam akuarium yang baru pastikan melakukan aklimatisasi agar ikan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

4. Proses Perkawinan

Proses perkawinan yang berhasil akan ditandai dengan kedua ikan saling melilitkan tubuhnya satu sama lain. Mereka berdua akan saling melekatkan tubuhnya yang akan tampak seperti bola atau gumpalan. dalam masa perkawinan ini ikan tidak boleh stress salah satu caranya adalah menutup Salah satu bagian akuarium agar ikan tidak melihat terlalu banyak lalu-lalang orang atau objek bergerak lainnya jika berhasil ikan cara betina akan menghasilkan telur yang kemudian akan dierami oleh ikan jantan biasanya ikan channa jantan akan membutuhkan waktu 2 hingga 3 Hari Untuk mengerami telur di dalam mulutnya.

5. Perawatan Pasca Perkawinan

Perawatan pasca kawin keberhasilan telur dapat dilihat ketika terdapat gelembung-gelembung di dalam air tempat indukan dan telur berada itu berarti telur ikan sudah berhasil menetas dan harus ditempatkan di akuarium yang berbeda dengan indukannya pemisahan anakan ikan dengan induknya bertujuan untuk menekan potensi induk memakan anakan ikan channa saat lapar ataupun stres tidak perlu terburu-buru memberikan anakan ikan channa makan ya pasalnya ikan channa yang kecil masih menyimpan cadangan makanan di tubuhnya untuk dua hingga tiga hari setelah lewat masa tersebut anakan ikan dapat diberi pakan berupa kutu air setelah ukuran dan umurnya lebih besar di kancana dapat diberikan pakan berupa udang atau cacing ukuran kecil.

 

Demikianlah informasi kali ini dari penulis Ceritaikan.com yang memberikan beberapa tips dan cara untuk memulai breeding ikan channa yang bisa anda coba. Jika berhasil anda bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan anakan ikan channa yang berukuran 2 cm sudah mulai bisa dijual di pasaran ini.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page