Cara Mengobati Busuk Sirip Pada Ikan Channa Sampai Sembuh

Cara Mengobati Busuk Sirip Pada Ikan Channa Sampai Sembuh

Biarpun ikan Channa merupakan ikan predator yang tangguh jika tidak dirawat dengan baik ikan ini juga bisa terkena penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang ikan Channa adalah busuk sirip atau fin rot.

Busuk sirip adalah penyakit yang membuat sirip ikan menjadi rusak atau membusuk dikarenakan terinfeksi bakteri Pseudomonas flourescens. Ikan yang terkena penyakit ini akan mengalami pembusukan sirip mulai dari sisi yang paling luar dan perlahan-lahan akan menggerogoti seluruh sirip hingga hancur. Apabila sirip ikan sudah hancur, maka bakteri akan menginfeksi tubuh ikan dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Penyakit fin rot bisa menyerang semua ikan, termasuk ikan-ikan yang memiliki sirip panjang seperti ikan channa, arwana, guppy, mas koki, koi dan sebagainya.

 

Penyebab Penyakit Busuk Sirip (Fin Rot)

Sebelum anda mengetahui cara untuk mengobati ikan channa yang terkena penyakit busuk sirip, tentunya anda perlu mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan ikan terjangkit penyakit ini. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pencegahan dini ataupun tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Adapun penyebab penyebab busuk sirip pada ikan adalah filter akuarium dan kualitas air yang buruk dikarenakan banyaknya kotoran ikan yang menyebabkan kadar amonia dan nitrat yang tinggi. Hal tersebut membuat banyak bakteri jahat berkembang biak dan menularkan penyakit pada ikan, salah satunya adalah bakteri Pseudomonas flourescens yang menginfeksi sirip ikan.

Perlu anda ketahui penyakit busuk sirip merupakan penyakit yang menular, jadi jika satu ikan terkena penyakit ini maka ada kemungkinan ikan lain dalam satu tangki akuarium yang sama bisa juga terkenang. Jadi sebisa mungkin lakukan karantina terhadap ikan yang sakit dan bersihkan akuarium yang tercemar sampai benar-benar steril dari bakteri jahat.

 

Cara Mengobati Busuk Sirip Pada Ikan Channa

Foto Channa Limbata Yang Terkena Busuk Sirip Pada Bagian Ekor
Foto Channa Limbata Yang Terkena Busuk Sirip Pada Bagian Ekor

1. Mengeluarkan Ikan Dari Akuarium Yang Tercemar Bakteri

Dikarenakan penyakit ini menular dan bisa menginfeksi ikan lainnya dalam satu akuarium yang sama. Langkah pertama yang perlu anda lakukan sesegera mungkin adalah mengeluarkan seluruh ikan dan mengisolasi ikan yang terjangkit busuk sirip. Anda bisa mengeluarkan ikan menggunakan serokan jaring, akan tetapi jangan gunakan serokan jaring yang sama untuk mengeluarkan ikan yang sehat dan ikan yang sakit untuk mencegah penularan.

2. Karantina Ikan Yang Sakit Dan Lakukan Pengobatan Dengan Antibiotik

Tempat ikan yang sakit pada akuarium karantina untuk mempermudah melakukan pengobatan pada ikan. Pastikan kualitas air tetap terjaga selama pengobatan, mulai dari tingkat keasaman air (7-8 pH) dan kadar amonia, nitrit, nitrat tidak lebih dari 40 ppm. Setelah itu anda bisa memberikan antibiotik atau antijamur untuk membunuh bakteri penyebab busuk sirip.

Obat untuk penyakit busuk sirip ikan yang cukup populer diantaranya Jungle Fungus Eliminator, tetrasiklin, aracyn, Maracyn II, Waterlife-Myxazin, dan MelaFix. Sedangkan untuk infeksi jamur anda bisa menggunakan eritromisin, minosiklin, trimethoprim dan sulfadimidine. Yang perlu anda perhatikan adalah lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan dan berikan obat sesuai dosis pemakaian yang direkomendasikan pada kemasan.

Sebagai alternatif anda juga bisa menggunakan obat alami seperti bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi membunuh bakteri. Akan tetapi pengobatan menggunakan obat alami cenderung lebih lambat dibandingkan obat sintetis.

3. Bersihkan Aquarium Beserta Aksesoris Yang Tercemar Bakteri

Sebelum anda menggunakan akuarium yang sudah tercemar bakteri sebelumnya, tentunya anda harus mensterilkannya terlebih dahulu. Adapun beberapa langkah untuk membersihkan aquarium dan aksesorisnya dari bakteri adalah sebagai berikut:

  1. Cuci akuarium dengan sabun cuci piring dan spons untuk membunuh bakteri, gosok-gosok seluruh bagian bagian akuarium benar-benar bersih. Setelah itu bilas dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa-sisa sabun ataupun lumut atau kerak yang masih menempel pada kaca. Tentunya anda juga harus membersihkan semua aksesoris, filter, pipa tabung dan sebagainya dengan cara yang sama.
  2. Langkah selanjutnya adalah untuk membunuh bakteri atau virus-virus yang tersisa, anda bisa merendam akuarium dengan air hangat yang sudah dicampur dengan obat anti bakteri, jamur dan virus untuk akuarium. Anda bisa membeli obat ini di toko ikan ataupun marketplace. Diamkan selama 1-2 hari.
  3. Anda bisa memasukkan segala peralatan dan aksesoris untuk direndam di akuarium yang sudah dicampur obat.
  4. Bilas kembali akuarium beserta dengan peralatan dan aksesorisnya dan keringkan sebelum anda menggunakannya kembali.
  5. Lakukan penggantian air 100% menggunakan air yang sudah ditambahkan kondisioner air dan bebas klorin. Pastikan suhu air berkisar antara 26-27 °C dan tingkat keasaman air berada di kisaran 7-8 pH.

 

Pencegahan Penyakit Busuk Sirip

Penyakit busuk sirip bisa anda cegah dengan cara menguras air minimal 3-5 kali dalam sebulan untuk menjaga kualitas air tetap baik. Selain itu pastikan ukuran akuarium proporsional dengan jumlah ikan dan usahakan tidak terlalu padat. Hal ini tentunya untuk mencegah terjadinya stress pada ikan yang bisa menurunkan tingkat imunitasnya. Selain itu penumpukan kotoran ikan dan sisa-sisa makanannya tidak terlalu parah.

Berikan ikan dengan makanan yang berkualitas baik dan pastikan mereka tidak kelaparan agar tidak saling menyerang satu sama lain untuk berebut makanan. Selain itu ikan yang kelaparan cenderung menjadi agresif untuk menyerang ikan lain dan mungkin saja melukai sirip yang rentan terkena bakteri penyebab busuk sirip. Akan tetapi pastikan juga tidak memberikan makan ikan terlalu banyak yang bisa menyebabkan penumpukan sisa-sisa makanan yang bisa meningkatkan konsentrasi bakteri.

 

Demikianlah artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang berisikan informasi tentang “Cara Mengobati Busuk Sirip Pada Ikan Channa Sampai Sembuh”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *