Cara Mengobati Sirip Ikan Cupang Yang Robek Atau Rusak Karena Berkelahi

Ikan cupang (Betta splendens) adalah ikan hias yang paling populer dipelihara mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ikan ini memiliki berbagai jenis variasi cora, warna hingga ukuran yang beragam dan sangat menarik untuk dipelihara. Ikan ini berasal dari perairan tawar di Asia Tenggara, terutama dari wilayah Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Vietnam yang sangat mudah ditemui di marketplace online, sentra pasar ikan hias dan toko-toko ikan hias.

Selain dikenal sebagai ikan hias, cupang juga dikenal sebagai ikan petarung yang sangat agresif untuk melindungi wilayahnya. Cupang jantan tidak akan segan-segan untuk menyerang ikan cupang lainnya jika memasuki wilayahnya. Karena hal inilah membuat kita harus hati-hati memeliharanya dan tidak mencampurnya dengan ikan cupang lainnya dalam satu wadah yang sama. Jika terjadi perkelahian sirip ikan cupang sangat rawan sekali mengalami kerusakan atau robek karena gigitan ikan akibat pertarungan sesama ikan cupang.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis Ceritaikan.com akan memberikan informasi tentang cara mengobati sirip ikan ikan cupang yang robek atau rusak karena berkelahi.

 

1. Isolasi Ikan

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika mengetahui sirip ikan cupang anda rusak atau robek adalah isolasi ikan tersebut. Pisahkan ikan yang terluka ke wadah isolasi agar tidak diserang kembali atau menyerang ikan lainnya. Hal ini dapat membantu ikan untuk memulihkan diri selama perawatan dan juga mempermudah anda untuk mengamati dan melakukan pengobatan terhadap sirip yang rusak.

2. Kualitas Air

Selama tahap perawatan atau isolasi ikan tentunya anda harus menjaga kualitas air tetap bersih untuk membantu proses penyembuhan sirip ikan. Kualitas air yang bersih juga menghindari sirip ikan yang luka terkena infeksi bakteri atau virus karena kualitas air yang buruk. Selalu lakukan pengurasan air secara rutin dengan mengganti sebagian air lama dengan air baru yang bersih selama perawatan.

3. Tambahkan Garam Aquarium

Menambahkan garam akuarium non-iodin dapat membantu meminimalkan risiko infeksi dan membantu penyembuhan. Garam ikan berfungsi untuk meyeimbangkan proses osmosis dalam tubuh ikan, yang akan membantu penyembuhan luka dan menstabilkan tubuh ikan. Gunakan dosis yang direkomendasikan dan perhatikan respons ikan.

4. Pemberian Makanan Berkualitas Tinggi

Berikan makanan yang kaya nutrisi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ikan. Makanan bergizi membantu proses penyembuhan. Beberapa makanan ikan cupang yang rekomendasi untuk membantu penyembuhan diantaranya seperti cacing tanah, encu atau jentik nyamuk, cacing sutra dan makanan bergizi lainnya yang mengandung protein tinggi untuk ikan.

5. Berikan Obat Biru

Obat Biru atau Methylene Blue bisa anda teteskan sedikit ke wadah karantina untuk membantu proses penyembuhan sirip. Obat ini digunakan untuk menghindari sirip yang terluka terkena infeksi jamur. Obat biru dijual secara bebas dan anda bisa mendapatkannya di toko ikan hias ataupun marketplace online.

 

Demikianlah informasi cara mengobati sirip ikan cupang yang robek atau rusak karena berkelahi. Proses penyembuhan terkadang membutuhkan waktu yang lebih banyak jika mengalami kerusakan yang berat. Pastikan anda terus konsisten melakukan cara-cara diatas agar ekor sirip ikan cupang kesayangan anda kembali normal dan sembuh total.

You cannot copy content of this page