Channa Marulioides: Ikan Predator Lokal Pride Indonesia

Channa Marulioides adalah salah satu spesies jenis ikan Channa yang populer dikalangan pecinta ikan predator. Hal yang membuat ikan ini disukai dan dipelihara adalah keindahan corak bunga, bar dan warnanya yang indah dan mencolok. Selain itu ikan ini identik juga dengan matanya yang merah yang menambah kesan garang sebagai ikan predator puncak di habitatnya. Di alam liar ikan Channa jenis ini dapat tumbuh dan memiliki panjang hingga 55 cm – 60 cm lebih.

Karena kelebihan-kelebihan tersebut channa jenis ini sering masuk kedalam kategori kontes ikan Channa yang diperlombakan.

 

Habitat Persebaran

Channa Marulioides adalah ikan keluarga gabus atau Snakehead berasal dari negara Thailand selatan (Tanah Genting Kra), Malaysia, dan Indonesia, termasuk Kepulauan Sunda Besar. Selain itu ada spesies lokalitas ‘Sambas’ yang berasal dari Kalimantan Barat, Indonesia.

Untuk habitatnya, ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai besar, rawa-rawa dan di danau pedalaman, contohnya seperti yang terkenal adalah Channa Maru Yellow Sentarum yang dapat ditemukan di danau Sentarum.

 

Karakteristik Channa Marulioides

Channa Marulioides adalah ikan yang bersifat teritorial dan soliter, dalam arti dia akan menyerang ikan lain yang memasuki kawasannya. Ikan ini hidup sendiri atau berpasangan. Selain itu ikan ini memiliki karakter cenderung diam di daerah permukaan atau mengapung. Jika anda ke habitat aslinya contohnya di kalimantan, jika beruntung anda dapat melihat ikan ini sedang mengambang di pinggir-pinggir sungai.

Jika kamu memelihara ikan ini di akuarium, pastikan akuarium tersebut menggunakan penutup atau jaring untuk menghindari ikan ini kabur dengan cara meloncat keluar. Channa Marulioides terkenal dengan kemampuan mereka untuk melompat dan melewati celah untuk melarikan diri. Pastikan penutup memiliki celah untuk sirkulasi udara yang baik, karena ikan ini membutuhkan akses ke lapisan udara yang lembab.

Untuk sifat sebenarnya ikan ini cukup tenang, akan tetapi bisa menjadi agresif jika sedang dalam tahap birahi atau mencapai kematangan seksual untuk berkembang biak. Menariknya warnanya semakin terang saat ikan ini marah.

 

Bentuk Fisik

Channa Marulioides Red Barito
Channa Marulioides Red Barito

Seperti kebanyakan ikan Channa pada umumnya, ikan ini memiliki bentuk tubuh bulat dan memanjang. Hanya saja yang membedakan dan membuat ikan ini spesial di kalangan pecinta ikan adalah warna mata yang merah dan corak tubuh yang menarik dan indah.

Ikan ini memiliki corak berbentuk bar dan bunga di sisi tubuhnya. Untuk warna sendiri ikan ini memiliki warna yang berbeda-beda tergantung dengan lokalitas ikan tersebut. Seperti lokal pride Indonesia, yaitu Channa Marulioides Yellow Sentarum yang memiliki warna dasar kuning dengan corak bar dan bunga warna hitam yang berasal dari danau Sentarum. Lalu ada Channa Marulioides Red Barito yang memiliki warna Merah yang berasal dari sungai Barito.

 

Pemeliharaan Channa Marulioides

1. Makanan

Untuk pemeliharaan sehari-hari ikan ini terbilang sangat mudah dan tidak neko-neko. Anda bisa memberikan pakan harian berupa cacing sutera, cacing tanah, udang cincang dan bisa juga pelet (perlu diselingi dengan pakan hidup) untuk size anakan atau sedang. Sedangkan untuk ikan Channa Maru dewasa, anda bisa memberikan pakan berupa ikan lele kecil, udang utuh, kerang dan sebagainya.

Akan tetapi perlu diingat jangan pernah memberikan pakan berupa daging mamalia seperti daging ayam, sapi dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan lipid yang terkandung di daging tersebut tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan Channa. Akibatnya ikan memiliki banyak timbunan lemak yang menyebabkan obesitas dan degenerasi organ.

2. Akuarium

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak orang yang telah memelihara ikan Channa Marulioides dalam tangki akuarium. Pastikan anda menyiapkan akuarium yang proper untuk memelihara ikan ini. Sebagai standar acuan, anda bisa menyediakan akuarium dengan ukuran lebar  akuarium dua kali dari panjang Channa dengan panjang dengan tiga kali panjang Channa. Untuk merawat ikan ini anda tidak memerlukan aerator, karena ikan ini memiliki insang yang dapat menangkap oksigen di permukaan air.

3. Air

Biarpun ikan ini adalah ikan yang cukup tangguh untuk hidup di air yang keruh bahkan kering (berlumpur) di habitat aslinya. Anda juga tetap perlu memperhatikan kualitas dan maintenance air yang anda gunakan untuk ikan Channa.

Untuk awal-awal jika baru memelihara, anda bisa menggunakan air yang bersumber dari mata air asli atau air sumur. Sebagai alternatif anda bisa gunakan air mineral atau air galon. Disarankan jangan menggunakan air PAM yang dinilai memiliki kandungan kaporit.

Lakukan pergantian air setiap 2-3 minggu sekali dengan persentase air yang diganti hanya 25% sampai 30% saja agar ikan tidak stress dan kaget dengan air baru. Hal tersebut dikarenakan ikan cenderung lebih nyaman dengan air lama yang ditinggalinya.

Untuk menjaga kebersihan air lebih tahan lama dari kotoran ikan yang bisa menyebabkan kadar amonia meningkat. Anda bisa menaruh pasir halus atau biasanya disebut pasir malang untuk menguraikan sisa-sisa kotoran ikan di dasar akuarium.

 

Harga Channa Marulioides

Untuk Channa Marulioides yang baby atau anakan saat ini masih berkisar puluhan ribu saja. Contohnya untuk ukuran dengan panjang 3 cm – 4 cm dijual di kisaran harga Rp 15.000 sampai dengan Rp. 30.000 tergantung grade dan kualitas anakan.

Untuk ukuran dewasa, biasanya dijual dengan harga Rp. 40.000 sampai dengan ratusan ribu rupiah dan bahkan bisa mencapai jutaan jika ikan tersebut termasuk dalam ikan progres untuk kontes.

 

Sekian dulu artikel kali ini dari Ceritaika.com yang telah membahas seputar ikan Channa Marulioides yang merupakan ikan hias predator yang saat ini sedang populer di Indonesia bahkan di ekspor ke mancanegara. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page