Mengenal Ikan Angelfish Peppermint (Centropyge Boylei)

Angelfish merupakan jenis ikan air laut yang berasal dari Samudra Pasifik Selatan menjadi salah satu ikan hias populer. Salah satu jenisnya, yaitu Angelfish Peppermint menjadi salah satu ikan hias termahal di dunia dengan kisaran harga ratusan juta untuk tiap ekornya.

Untuk mengenal ikan hias mahal ini lebih lanjut lagi, anda bisa cek pembahasannya pada artikel berikut dari Ceritaikan.com.

 

Apa Itu Ikan Angelfish Peppermint (Centropyge Boylei)?

Angelfish Peppermint yang memiliki nama latin Centropyge Boylei adalah ikan air asin bersirip pari yang masuk ke dalam keluarga Pomacanthidae. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang paling berwarna dan mengesankan di terumbu karang.

Ikan ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan memiliki bentuk tubuh oval. Menariknya ikan ini memiliki warna dasar orange dengan lima garis putih vertikal di tubuhnya. Mereka memiliki sirip yang terdapat warna putih tembus cahaya di ujungnya. Selain itu dagu dan wajah yang berwarna putih menjadi ciri lain ikan ini. Ikan ini dapat tumbuh maksimal sekitar 10 cm, tetapi beberapa hingga sekitar 18 cm.

Klasifikasi ilmiah:

  • Kerajaan: binatang
  • Divisi: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Performa
  • Keluarga: Pomacanthidae
  • Marga: Sentropi
  • Jenis: C. boylei

 

Habitat

Di habitat aslinya ikan ini hidup di puing-puing karang dan gua-gua laut yang curam di kedalaman 300 hingga 400 kaki. Ikan ini merupakan ikan endemik asli yang bisa hanya bisa ditemukan di sekitar Kepulauan Cook yang berada di Tengah Samudra Pasifik Selatan.

Untuk mendapatkan ikan ini di habitatnya, para penyelam harus menggunakan peralatan khusus seperti rebreather dan mereka memiliki waktu yang terbatas. Selain itu berbagai kesulitan lainnya seperti ikan ini lebih suka bersembunyi di gua-gua karang dan penyakit dekompresi atau DCS tentunya membuat ikan ini sulit ditangkap dan membuat harganya menjadi mahal.

 

Makanan

Di Habitat aslinya ikan ini biasa memakan cacing-cacing laut, udang-udangan, spons dan makanan-makanan lainnya yang dapat ia temukan di sekitar karang. Sedangkan untuk perawatan dalam akuarium, anda bisa memberikan beberapa jenis makanan yang bisa divariasikan, seperti Artemia nauplii atau udang air asin dalam bentuk pakan hidup ataupun beku/cair. Selain itu campuran telur ikan kecil dan bahkan beberapa karang polip juga bisa anda berikan sebagai makanan ikan ini.

 

Perawatan Dalam Akuarium Untuk Ikan Angelfish Peppermint

Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat ikan ini sangat cocok untuk sebagian besar jenis akuarium. Anda hanya perlu memastikan ada cukup ruang dalam akuarium dengan karang-karang sebagai tempat mereka untuk berlindung. Selain itu pastikan juga ketersediaan ganggang dari batu dan batu sebagai sumber makanan mereka. Jika tidak anda harus lebih sering untuk memberi mereka makan agar tidak kelaparan.

Untuk menyesuaikan dengan suhu air di habitat aslinya, anda bisa menggunakan pendingin dan di setting untuk suhu 72,5 F°. Akan tetapi anda bisa menaikannya secara bertahap hingga suhu 74,5F°. Selain itu anda juga bisa setting pencahayaan menjadi redup untuk awal-awal sesuai dengan habitat aslinya dan dibuat terang secara bertahap juga.

Lakukan pemberian pakan yang bervariasi dan selalu jaga kualitas air asin anda agar ikan tetap sehat dan tidak stress.

 

Angelfish Peppermint merupakan ikan hias air laut yang memiliki warna menawan. Kesulitan untuk menangkap ikan ini di habitat aslinya membuat harganya sangat mahal, yaitu bisa mencapai $30.000 USD menurut informasi yang didapatkan dari Wikipedia.

Demikianlah informasi kali ini dari situs Ceritaikan.com, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang dunia ikan. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page