Mengenal Ikan Channa Limbata Dan Harganya

Jakarta, Indonesia – Channa Limbata adalah salah satu jenis ikan gabus hias atau snakehead yang aslinya berasal dari negara Indonesia. Ini adalah spesies lokal yang bisa ditemui di sepanjang pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini termasuk ke dalam kategori Dwarf snakehead karena ukurannya maksimalnya tidak sampai 30 sentimeter.

Berikut ini informasi klasifikasi ilmiah dari Channa Limbata:

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Perciformes
  • Famili: Channidae
  • Genus: Channa
  • Spesies: C. limbata

Saat ini Limbata sendiri banyak diperjualbelikan secara bebas untuk dipelihara sebagai ikan predator hias.

 

Ciri-Ciri Ikan Channa Limbata

Limbata memeliki ciri-ciri berwarna kecoklatan dimana sisi atasnya terlihat lebih pekat atau gelap. Selain itu terdapat corak-corak garis berwarna hitam yang terlihat menyamping di sepanjang sisi tubuhnya. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang silinder memanjang dan memiliki kepala yang agak memipih.

Menurut Wikipedia, ikan Channa Limbata dapat tumbuh maksimal hingga 20 sentimeter atau 7,9 in saja. Jadi ikan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki akuarium kecil hingga sedang.

 

Habitat Dan Makanan Ikan Channa Limbata

Seperti yang disampaikan diawal, ikan ini dapat ditemui di sepanjang pulan Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Mereka memiliki habitat asli di sungai-sungai berarus sedang, danau, kolam air tawar dan beberapa bahkan ditemui di perairan air payau.

Mereka bertahan hidup dengan memakan serangga-serangga kecil, tanaman-tanaman air dan buah-buah yang dapat mereka temukan di sepanjang habitat aslinya.

Ikan ini biasanya mulai berkembang biak pada musim penghujan, yaitu disekitar bulan Juli dan Agustus.

 

Perawatan Di Akuarium

Foto Grand Champion Ikan Channa Limbata Di Yogyakarta Pada 30 Maret 2021
Foto Grand Champion Ikan Channa Limbata Di Yogyakarta Pada 30 Maret 2021 (Sumber: Youtube)

Sejatinya ikan ini merupakan ikan predator yang tangguh yang tentunya tidak membutuhkan perawatan yang rutin. Dikarenakan ini merupakan ikan asli Indonesia yang beriklim tropis, tentunya anda tidak perlu lagi pusing untuk mengatur suhu air.

Yang perlu anda perhatikan adalah menyiapkan tempat atau akuriaum yang proporsional dengan bentuk dan panjang tubuh ikan. Selain itu pastikan juga kualitas air tetap terjaga dengan melakukan pengurasan air secara rutin (2-3 kali dalam sebulan). Anda bisa melakukan pengurasan sekitar 35-40% dari total air yang ada di dalam akurium anda.

Untuk pemberian pakan, anda bisa memberikan ikan ini pakan hidup seperti cacing, larva, jangkrik yang bisa diselingi dengan pelet. Lakukan pemberian pakan yang bervariasi agar ikan tidak bosan dan nutrisi mereka tetap tercukupi.

 

Harga Ikan Channa Limbata

Jika anda ingin memelihara ikan ini tentunya anda harus membelinya dari toko ikan hias ataupun marketplace online. Jika anda ingin tahu berapa harga ikan Channa Limbata saat ini berdasarkan ukurannya. Berikut informasinya yang sudah dikumpulkan situs Ceritaikan.com dari para penjual ikan hias dari beberapa marketplace online.

  • Limbata size 4-10 cm berada dikisaran harga Rp.5.000 sampai dengan Rp.30.000
  • Limbata size 10-20 cm berada dikisaran harga Rp.25.000 sampai dengan Rp.60.000
  • Limbata size 20 cm keatas berada dikisaran harga rata-rata Rp.65.000 keatas

Perlu diketahui harga kisaran tersebut bisa jadi lebih murah atau lebih mahal tergantung beberapa kondisi yang terjadi seperti stok, trend dan kualitas ikan itu sendiri.

 

Sekian dulu informasi dari Ceritaikan.com kali ini yang membahas tentang Ikan Channa Limbata yang merupakan salah satu ikan air tawar predator hias. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda para pecinta ikan hias di Indonesia.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page