Mengenal Ikan Channa Pulchra Dan Perawatannya

Mengenal Ikan Channa Pulchra Dan Perawatannya – Ikan gabus atau snakehead saat ini telah menjadi tren baru di dunia para pecinta ikan. Ikan gabus sendiri dulunya dijadikan sebagai bahan makanan dan obat-obatan kini telah berubah menjadi ikan predator hias yang sangat populer. Ikan jenis ini terdiri dari berbagai macam spesies dengan warna dan corak unik yang berbeda-beda.

Salah satu ikan gabus kecil yang memiliki corak dan warna yang menarik dan saat ini banyak dipelihara para hobbies adalah ikan Channa Pulchra. Untuk mengenal lebih jauh tentang spesies ini, simak artikel dari Ceritaikan.com berikut.

 

Apa itu Channa Pulchra?

Channa Pulchra adalah salah satu jenis ikan yang masuk ke dalam keluarga gabus atau snakehead yang berasal dari negara Myanmar. Ikan jenis ini tergolong masuk kedalam ikan jenis gabus kecil yang baru-baru ini sangat populer untuk dipelihara sebagai ikan hias predator.

Ikan ini merupakan ikan yang hidup di dasar air tawar atau demersal. Ikan ini bisa ditemukan di sungai-sungai dekat pegunungan himalaya. Ikan ini memiliki habitat di perairan deras dan jernih dengan air yang relatif dingin.

Biarpun termasuk ke dalam gabus berukuran kecil, Channa Pulchra bisa memiliki panjang maksimal hingga 20 sampai 30 sentimeter.

 

Klasifikasi Ilmiah

Adapun klasifikasi ilmiah dari C.Pulchra adalah sebagai berikut:

  • Kerajaan: binatang
  • Divisi: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Anabantiformes
  • Keluarga: Channidae
  • Marga: Channa
  • Jenis: C. pulchra

 

Ciri Fisik

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang dan memiliki banyak warna. Warna dasar ini ini adalah ke abu-abuan dan kebiru-biruan dengan bintik-bintik kuning atau orange di sisi tubuhnya. Sirip ikan ini juga berwarna kebiru-biruan.

Hal yang unik adalah terdapat strip warna hitam di tepi sirip bawahnya. Selain itu terdapat empat strip berwarna putih dengan motif setengah lingkaran di kedua sirip dadanya. Selain itu terdapat 2 titik hitam besar atau black dot di sirip atasnya yang membuat ikan channa yang sangat populer untuk dipelihara.

Termasuk ke dalam dwarf snakehead, Channa Pulchra dapat hidup dengan panjang maksimal hingga ukuran 20 cm – 30 cm.

 

Sifat

Ikan Channa Pulchra termasuk ikan yang sangat aktif untuk bergerak. Ikan ini termasuk ikan teritorial dan bisa menjadi agresif saat masa bertelur ataupun ada ikan lain yang ingin mengambil wilayahnya. Dikarenakan habitat aslinya berada sungai dengan air deras dan berbatu, ikan ini cenderung berada di dasar air atau di bawah bebatuan untuk menghindari terbaru arus.

 

Makanan

C.Pulchra termasuk ikan yang oportunis dalam soal makanan di alam liar. Ikan ini memakan apa saja yang bisa didapatkan di sekitarnya, mulai dari ikan cere, serangga, cacing, kodok kecil dan sebagainya.

 

Perawatan Ikan Channa Pulchra

Gambar Channa Pulchra Lagi Flaring
Gambar Channa Pulchra Lagi Flaring

Channa Pulchra dari keluarga Channidae ini termasuk agak rumit dalam segi perawatan dan disarankan untuk hobbies atau aquarists berpengalaman.

Adapun beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah:

 

1. Aquarium

Gunakan aquarium yang proper dengan ukuran Pulchra yang anda miliki. Normalnya anda bisa menggunakan ukuran Aquarium dengan lebar dua kali dari ukuran ikan dan panjang tiga kali ukuran ikan.

Karena panjang maksimal C.Pulchra adalah sekitar 20 cm sampai 30 cm, anda bisa menyediakan tank aquarium dengan ukuran 60cm x 30cm x 30cm. Anda bisa menambahkan pasir halus, bebatuan dan kayu atau ranting pohon dengan tujuan menyamakan dengan habitat aslinya.

 

2. Air

C.Pulchra merupakan ikan gabus yang hidup di perairan dengan iklim subtropis. Oleh sebab itu ketika anda memelihara ikan ini sangat penting untuk menyediakan suhu air yang sesuai dengan habitatnya. Anda bisa mengeset suhu air di aquarium anda di sekitar 18° C sampai 25° C. Selain itu pastikan kadar keasaman air  sekitar 6 dan 7 dan GH antara 5°d dan 15°d.

Selalu gunakan air yang jernih dan bersih saat memelihara ikan ini agar terhindar dari penyakit parasit ataupun stress. Anda bisa gunakan air yang sudah diendapkan 3-4 hari ataupun air mineral galon untuk mengisi tank aquarium untuk tempat ikan ini nantinya.

Lakukan pengurasan rutin setiap 2-3 minggu sekali dengan persentase air yang diganti sekitar 20%-30% dari total air.

 

3. Pemberikan Pakan

Untuk pemberian pakan, anda bisa memberi makan ini setiap hari. Untuk mendongkrak warna dan size ikan, anda bisa memberikan pakan hidup yang kaya dengan protein. Pakan hidup dianjurkan agar ikan tetap memiliki sifat sebagai predator.

Anda bisa memberikan pakan berupa udang-udangan, ulat hongkong, jangkrik, cacing sutra dan ikan lele kecil. Anda bisa memberikan selingan makanan berupa pelet premium blue untuk mendongkrak warna biru pada Channa Pulchra.

 

Penutup

Kesimpulannya, ikan Channa Pulchra adalah ikan yang sangat cantik yang perilaku dan kepekaannya membutuhkan perhatian yang cermat. Karena di Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, pastikan anda memperhatikan betul susu air tank aquarium anda agar ikan tidak stress bahkan mati. Setting aquariam anda sebisa mungkin dan disesuaikan dengan habitat asli mereka agar ikan tetap aktif dan menghindari stress.

Memelihara Pulchra membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang serius tentang spesies ini. Oleh karena itu sangat tidak disarankan bagi anda yang baru saja mulai memelihara ikan hias.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page