Mengenal Ikan Golden Basslet: Ikan Hias Air Laut Termahal!

Golden Basslet adalah salah satu ikan hias air laut termahal di dunia saat ini, yaitu berada di kisaran harga 100-150 juta rupiah. Mahalnya harga ikan hias ini dikarenakan sulitnya menemukan ikan ini dihabitat aslinya. Ikan ini dapat ditemukan pada kedalaman sekitar 50-80 m di lautan Karibia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ikan Golden Basslet, anda bisa cek ulasannya pada artikel berikut ini.

 

Apa Itu Ikan Golden Basslet?

Ikan Golden Basslet atau terkenal juga dengan sebutan Gramma dejongi, adalah ikan air laut yang masuk ke dalam famili Grammatidae. Ikan ini dapat ditemukan dan tersebar di perairan Karibia dan Samudra Atlantik tropis.

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna dasar kuning keemasan dengan corak warna ungu di sirip bawah dan atas yang menjadi ciri khas mereka. Warnanya yang unik, kelangkaan populasinya dan peraturan hukum yang berlaku, tentunya membuat harga ikan ini sangatlah mahal dan hanya dipelihara oleh orang-orang tertentu saja. Akan tetapi dengan adanya aktivitas penangkaran belakangan ini membuat ikan ini sudah mulai bebas dipelihara walau dalam komunitas tertentu saja.

Klasifikasi Ilmiah Gramma dejongi Atau Golden Basslet

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Class: Actinopterygii
  • Family: Grammatidae
  • Genus: Gramma
  • Species: G. dejongi

 

Sifat Umum

Dihabitat aslinya ikan Golden Basslet sangat sulit ditemukan karena sifatnya yang pemalu. Mereka suka bersembunyi di celah-celah goa karang atau daerah yang tidak terkena cahaya secara langsung.

Mereka adalah tipe yang setia dengan satu tempat dan enggah untuk berpindah-pindah dari tempat yang mereka rasa aman. Jika anda memeliharanya dalam akuarium, alangkah baiknya menyediakan Hardscape berbatu untuk tempat mereka berlindung.

Ketersediaan tempat berlindung yang berlimpah akan meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga pada akhirnya akan sering keluar di tempat terbuka – memamerkan dirinya.

 

Perawatan Dalam Akuarium

Dilansir dari informasi yang didapatkan, seorang aquarist pernah memamerkan ikan ini dalam tanki akuarium yang berukuran sedang (sekitar 29 galon). Ikan ini hampir memakan semua jenis daging yang dicacah dalam ukuran kecil. Selain itu makanan lain seperti icrocrustacea seperti udang air asin, mysis, dll bisa juga diberikan kepada ikan ini.

Yang perlu anda perhatikan adalah sifat mereka yang pemalu membuat mereka kalah bersaing untuk mendapatkan makanan dari ikan lain. Oleh karena itu anda perlu memastikan mereka mendapatkan makanan dan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang yang baik.

 

Dimana Bisa Membeli Ikan Golden Basslet?

Ikan ini merupakan ikan mahal dan memiliki stok yang cukup langka di pasar ikan hias air laut. Oleh karena itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memelihara ikan ini dan komunitas tertentu saja yang tahu dimana bisa mendapatkan atau membeli ikan Golden Basslet.

Sebagai referensi anda bisa saja mengunjung situs Among The Reef, Algaebarn atau Amazing Exotic Pet untuk mencari tahu harga dan cara membeli ikan ini.

 

Demikianlah artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang memberikan informasi seputar ikan Golden Basslet atau Gramma dejongi. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah referensi anda lebih jauh lagi tentang ikan hias air laut.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page