Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus): Sifat, Makanan Dan Perawatannya

Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus): Sifat Perawatan Dan Makanannya – Bagi para hobbies ikan hias tentunya akan menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri jika memelihara ikan predator. Sifatnya yang agresif dan bentuk dan warnanya yang garang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan jenis predator.

Ikan Oscar tentunya bisa jadi salah satu rekomendasi bagi anda yang ingin memelihara ikan hias jenis predator air tawar. Ikan ini menjadi sangat populer untuk di pelihara di akuarium rumah karena penampilannya yang unik.

Untuk pembahasan lebih lanjut, anda bisa cek pada artikel berikut ini dari Ceritaikan.com.

 

Apa Itu Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus)?

Ikan Oscar yang memiliki nama latin Astronotus Ocellatus adalah ikan jenis air tawar dari keluarga cichlid. Ikan ini berasal dari wilayah Amerika Selatan dengan daerah persebaran di beberapa negara, seperti Argentina, Brasil, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela. Adapun beberapa nama lain dari ikan Oscar  adalah oscar cichlid, oscar tiger, cichlid beludru, cichlid marmer.

Dihabitat aslinya, ikan ini hidup di sungai-sungai besar yang memliki arus lambat, contohnya seperti sungai Amazon , Içá , Negro , Solimões , dan Ucayali. Mereka biasanya menetap di bawah kayu-kayu yang terendam di sungai sebagai tempat berlindung.

Ikan Oscar dewasa dapat tumbuh maksimal hingga 12 inci dan bahkan di alam liar terkadang juga ditemukan lebih dari itu. Mereka termasuk ikan yang memiliki umur panjang, yaitu dapat hidup antara 15-20 tahun. Ikan ini tersedia dalam berbagai macam jenis yang memiliki warna dan coraknya masing-masing yang unik. Keunikan dan keindahan corak warna tersebut tentunya yang menjadikan ikan ini salah satu ikan hias predator favorit para hobbies ikan air tawar.

Gambar Koloni Ikan Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus)
Gambar Koloni Ikan Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus)

Adapun beberapa jenis ikan Oscar yang populer dipelihara diantaranya seperti:

  1. Oscar Tiger atau Oscar Harimau
  2. Oscar Red
  3. Albino Red Oscar
  4. Oscar Slayer
  5. Oscar Batik
  6. Oscar Paris
  7. Oscar Gold
  8. Oscar Veil Tail
  9. Oscar Blue
  10. Oscar Black
  11. Oscar Florida
  12. Oscar White
  13. Oscar Green
  14. Oscar Lemon

Ikan Oscar termasuk ikan monomorfik yang berarti bentuk fisik antara jantan dan betina tidak ada perbedaan mencolok baik dalam ukuran, warna dan bentuk fisik. Selain itu rentang hidup mereka juga hampir sama.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara ikan ini, sebaiknya anda mengetahui sifat, makanan dan perawatan di akuarium terlebih dahulu.

 

Sifat Ikan Oscar

Ikan Oscar (Astronotus Ocellatus) sejatinya merupakan ikan predator yang agresif. Mereka merupakan jenis ikan teritorial yang bisa menyerang ikan lain yang memasuki wilayahnya. Jika anda memeliharanya dengan ikan lain di akuarium yang sama, pastikan ukuran akuarium cukup besar untuk menghindari konflik antar ikan. Mereka juga akan menjadi agresif ketika berebutan makanan dengan ikan lainnya.

Ikan ini juga termasuk ikan perenang aktif. Mereka akan suka berkeliaran bebas i seluruh akuarium tetapi menghabiskan sebagian besar waktu di sekitar tangki.

Mereka tidak hanya agresif terhadap penghuni lain, tetapi mereka juga melampiaskan amarah mereka pada substrat dan dekorasi. Anda juga dapat melihat mereka mencabut kehidupan tanaman untuk mencari makanan ketika lapar.

Intinya adalah ikan oscar sulit bergaul dengan ikan lain. Namun, jika pasangan tangki dan pengaturan tangki yang tepat, Anda dapat meminimalkan perilaku yang tidak diinginkan ini tetapi lebih pada nanti.

Ikan Oscar adalah ikan yang cerdas dikarenakan mereka dapat mengenali pemiliknya dan dapat diberi makan dengan tangan. Oleh karena itu ikan ini mendapat julukan “anjing sungai”

 

Makanan

Ikan Oscar sejatinya adalah Omnivora (pemakan tanaman dan daging). Pada habitat aslinya ikan ini suka memakan iklan lain, salah satu contohnya adalah ikan lele. Selain itu mereka juga memakan beberapa hewan kecil lainnya seperti  udang, siput, serangga dan larva serangga, serta buah-buahan dan kacang-kacangan.

Untuk perawatan dalam akuarium, anda bisa memberikan makanan kering berupa pelet ataupun makanan hidup berupa ikan-ikan kecil. Akan tetapi disarankan untuk menggunakan makanan kering untuk menghindari ikan terkena penyakit karena parasit ataupun bakteri yang dibawa oleh pakan hidup.

Berikan makanan kepada ikan ini dengan porsi yang tepat yang disesuaikan dengan nafsu makan dan ukurannya. Untuk ikan remaja anda bisa memberikan makan tiga kali dalam sehari dengan porsi yang sama. Sedangkan untuk ikan dewasa anda bisa memberikan makanan satu hari sekali untuk menjaga pencernaan ikan dan tidak kegemukan.

 

Perawatan

Untuk perawatan dalam akuarium, anda bisa menempatkan ikan ini dalam air yang bersuhu 23-27 derajat Celcius dengan pH yang relatif netral antara 6-8. Selain itu ikan Oscar sangat sensitif terhadap fluktuasi kadar amonia. Untuk mengatasi ini, Anda perlu mendapatkan sistem penyaringan yang baik. Mereka juga sangat sangat sensitif terhadap fluktuasi air, Anda juga harus memperhatikan kadar klorin. Klorin adalah bahan kimia yang disuntikkan dalam aliran air kita untuk membunuh bakteri tertentu.

Dikarenakan ikan ini cukup besar kami merekomendasikan tangki 55 galon untuk satu ikan oscar. Jika anda memutuskan untuk memelihara dua ekor ikan, anda bisa menggunakan akuarium dengan kapasitas 100 galon air. Pastikan ikan oscar Anda memiliki ruang yang cukup atau mereka bisa lebih rentan terhadap perilaku agresif.

Untuk menjaga kualitas air agar ikan terhindar dari stress dan penyakit. Pastikan anda menguras air akuarium secara rutin setiap satu atau dua minggu sekali. Lakukan pergantian air mulai dari 30-40% dari air akuarium yang ada secara rutin dengan air baru yang sudah diendapkan.

Pastikan anda tidak memelihara ikan lain di dalam akuarium dikarenakan ikan ini sangat agresif dan bersifat teritorial. Jika ikan oscar merasa wilayahnya sedang diserang, ikan ini akan menyerang ikan tersebut, mereka juga mendorong ikan Oscar lain untuk mengejar dan menyerang ikan lainnya. Jika pun anda kukuh memasukan ikan lain, pastikan ikan tersebut jenis pemalu dan berada di dasar untuk menjadi tankmate ikan ini. Anda mungkin bisa memilih Synodontis Eupterus Catfish sebagai tankmate Oscar.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page