Mengenal Ikan Pictus Catfish (Pimelodus pictus) Dan Perawatannya

Pictus Catfish adalah salah satu ikan lele air tawar yang cukup populer dipelihara oleh para pecinta ikan hias di Indonesia bahkan seluruh dunia. Ini adalah ikan lele penghuni dasar yang memiliki corak warna yang unik dan kumis yang panjang, Sifatnya yang damai dan termasuk hewan nokturnal membuat mereka dapat digabungkan dengan sebagai besar ikan hias lainnya dalam satu tangki akuarium yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pictus Catfish dan perawatannya, anda bisa cek informasinya pada artikel berikut ini.

 

Apa Itu Ikan Pictus Catfish (Pimelodus pictus)?

Foto Ikan Pictus Catfish (Pimelodus pictus) Di Akuarium Air Tawar
Foto Ikan Pictus Catfish (Pimelodus pictus) Di Akuarium Air Tawar

Pictus catfish atau Pictus cat memiliki nama ilmiah, yaitu Pimelodus pictus. Ini adalah salah satu jenis catfish atau lele hias yang populer untuk dipelihara di akuarium. Ikan ini tergolong dalam keluarga Pimelodidae dan berasal dari sungai-sungai di Amerika Selatan.

Mereka hidup di sungai-sungai yang memiliki aliran air yang cepat, serta dasar yang terbuat dari pasir atau batu-batu kecil. Di alam liar, ikan Pictus Catfish biasanya hidup di dasar sungai dan menggali lubang-lubang kecil di dasar sungai untuk berteduh dan berlindung. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar batu-batu atau struktur-struktur di dasar sungai yang menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk berlindung.

Ikan Pictus Catfish memiliki tubuh yang panjang dan ramping dengan sisik yang kecil dan halus. Warna tubuhnya biasanya berwarna perak dengan beberapa tanda hitam atau dot yang tersebar di seluruh tubuhnya. Ikan Pictus Catfish juga memiliki ekor yang agak panjang dengan cincin-cincin hitam di bagian tepi.

Pada umumnya mereka dapat tumbuh dan memiliki panjang rata-rata sekitar 10-15 cm. Namun dalam beberapa kasus ikan ini dapat tumbuh lebih besar daripada ukuran aslinya di alam liar jika dipelihara di akuarium dan mendapatkan makanan yang cukup dan lingkungan yang sehat. Untuk umur Pictus Catfish dapat hidup hingga 4 sampai 8 tahun tergantung dari perawatan ikan itu sendiri.

 

Perawatan Di Akuarium

Pictus Catfish adalah ikan catfish hias yang populer dipelihara oleh para aquarist dalam tangki akuarium di rumah mereka. Mereka termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara bahkan oleh pemula sekalipun. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin memelihara ikan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Setup Tank

Ukuran tangki akuarium yang ideal untuk memelihara ikan Pictus Catfish adalah sekitar 50-55 galon. Akan tetapi hal ini juga tergantung dengan banyaknya ikan lain yang ada dalam satu tangki akuarium yang sama. Semakin banyak ikan maka semakin besar ruang dan ukuran akuarium yang perlu anda siapkan. Salah satu alasan anda perlu menyiapkan ruang akuarium yang luas adalah dikarenakan ikan ini merupakan ikan yang sangat cepat, aktif walaupun di malam hari saja atau nokturnal.

Pastikan anda juga menyediakan tempat mereka berlindung berupa bebatuan atau potongan kayu di dasar akuarium sebagai tempat mereka berteduh dan berlindung. Selain itu karena mereka suka menggali, anda juga bisa menggunakan substrat pasir pada dasar akuarium.

Biarpun ini termasuk ikan yang tangguh dan mudah dipelihara, anda juga harus tetap memperhatikan parameter air dalam tangki. Pastikan bahwa suhu air di aquarium tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Suhu yang ideal untuk ikan Pictus Catfish adalah antara 73-79 derajat Fahrenheit (23-26 derajat Celcius). Selain itu mereka cukup nyaman berada di air dengan tingkat pH sekitar 7-7,5 dan tingkat kekerasan air sekitar 5-15 dH.

Makanan

Catfish termasuk ke dalam kategori hewan omnivora atau pemakan segalanya mulai dari hewan hingga tumbuhan. Di alam liar, ikan ini mengonsumsi berbagai jenis invertebrata kecil, termasuk cacing, serangga, dan krustasea atau rumput dan alga yang dapat mereka temukan.

Untuk pemeliharaan dalam akuarium anda dapat memberikan mereka makanan yang bervariasi mulai dari makanan hidup atau makanan beku. Anda bisa memberi mereka makan berupa seperti udang brine, cacing darah, dan daphnia, serta pelet atau serpihan yang dirancang khusus untuk ikan catfish. Penting untuk memberi ikan makanan yang bervariasi agar terjamin bahwa ikan tersebut mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

Selain itu pastikan anda meredupkan sedikit pencahayaan untuk membuat mereka keluar untuk mencari makan karena sifat nokturnal mereka.

Tankmate

Ikan lele pictus (Pimelodus pictus) umumnya adalah ikan damai yang dapat dipelihara dengan berbagai teman di akuarium. Mereka sering disimpan di tangki komunitas dengan ikan damai lainnya dengan ukuran dan temperamen yang sama. Beberapa pilihan tankmate yang baik untuk pictus lele termasuk spesies ikan lele damai lainnya, seperti Corydoras atau Otocinclus, serta ikan kawanan kecil seperti tetras atau rasboras. Penting untuk menghindari memelihara ikan lele pictus dengan spesies agresif atau teritorial, karena mereka dapat menjadi stres atau diintimidasi.

 

Berapa Harga Pictus Catfish (Pimelodus pictus)?

Harga Pictus Catfish (Pimelodus pictus) bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran ikan, kelangsungan hidupnya, dan tempat di mana Anda membelinya. Di pasar ikan tropis, harga Pictus Catfish bisa berkisar antara $10 hingga $20 atau lebih untuk ikan dewasa yang sehat. Namun, harga tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor tersebut. Selain itu, harga Pictus Catfish juga bisa bervariasi tergantung pada tempat Anda tinggal. Jika Anda tinggal di wilayah di mana ikan ini tidak umum atau sulit didapatkan, mungkin akan lebih sulit untuk menemukannya dengan harga yang terjangkau.

Untuk membeli Pictus Catfish yang sehat dan berkualitas, sebaiknya membelinya dari toko ikan yang terpercaya atau dari penjual yang memiliki reputasi baik. Jika Anda membeli ikan dari sumber yang tidak terpercaya, ada kemungkinan Anda akan membeli ikan yang tidak sehat atau yang memiliki masalah kesehatan. Ini bisa menjadi masalah yang mahal bagi Anda di kemudian hari karena Anda mungkin harus membeli obat-obatan atau mengeluarkan uang untuk perawatan ikan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya membeli ikan dari sumber yang terpercaya dan memastikan bahwa ikan yang Anda beli sehat sebelum membelinya.

 

Demikianlah artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang membahas tentang “Mengenal Ikan Pictus Catfish (Pimelodus pictus) Dan Perawatannya”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber informasi baru bagi anda para pecinta ikan hias di Indonesia dan seluruh dunia.

 

Leave a Comment

You cannot copy content of this page