Cek! Ini 5 Makanan Untuk Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar

Makanan Untuk Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar

Cek! Ini 5 Makanan Untuk Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar – Ikan Arwana merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak dipelihara oleh para kolektor ikan hias predator di Indonesia. Gaya renang yang anggun, bentuk dan corak warna yang menarik menjadi daya tarik dari ikan ini.

Arwana Silver Red menjadi salah satu jenis ikan Arwana yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ikan jenis ini berasal dari brazil dan kini sudah mulai diternakkan di Indonesia. Ciri-ciri dari Arwana Silver Red adalah ikan ini memiliki tubuh warna silver dan gradasi warna merah di tubuh serta ekornya.

Bagi anda yang sedang memelihara ikan Arwana Silver Red dan ingin agar cepat besar dan sehat. Berikut ini Ceritaikan.com akan memberikan daftar makanan-makanan apa saja yang bisa anda berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan agar bisa bertumbuh kembang dengan baik.

 

Daftar Makanan Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar

Pemberian makanan yang tepat dan bernutrisi, tentunya akan membuat ikan Ikan Arwana Silver Red anda cepat besar. Selain itu warna dari ikan tersebut juga akan semakin menarik dan enak dipandang karena makanan-makanan bergizi tinggi yang anda berikan.

Berikut ini daftar makanan untuk Arwana Silver Red dan jenis lainnya yang bisa anda berikut agar cepat besar dan memiliki warna yang cerah.

 

1. Ulat Jerman

Ulat Jerman merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk mendukung pertumbuhan ikan Arwana agar cepat besar. Jenis larva serangga tersebut sering menjadi pakan favorit hewan peliharaan mulai dari burung hingga ikan. Hewan ini memiliki panjang rata-rata sekitar 5-6 cm dan sangat cocok diberikan untuk ikan berukuran sedang hingga besar.

Ulat Jerman awalnya merupakan pakan yang di impor dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Akan tetapi saat ini sudah banyak peternak yang mengembangbiakkannya di Indonesia sehingga mudah ditemui di berbagai toko hewan atau ikan.

Ulat Jerman sangat baik diberikan untuk ikan Arwana Silver Red Silver dan jenis lainnya karena mengandung berbagai jenis nutrisi dan protein yang dibutuhkan untuk ikan untuk tumbuh kembang yang baik.

Adapun berikut ini informasi kandungan gizi dari Ulat Jerman adalah sebagai berikut:

  • Protein : 19,06 %
  • Kalsium : 173 ppm
  • Lemak : 14,19 %
  • Serat kasar: 2,60 %

Pemberian pakan ini harus sesuai takaran sesuai dengan ukuran dan nafsu makan ikan. Jika berlebihan akan membuat ikan Arwana anda terkena penyakit ambeien.

 

2. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu serangga yang memiliki kandungan kandungan gizi dan nutrisi tinggi. Hewan ini memiliki protein, hormon, lemak,dan asam amino yang cocok untuk diberikan kepada ikan hias predator. Selain itu kandungan hormon estrogen, antioksidan dan omega-3 pada Jangkrik, bisa membuat ikan menjadi lebih berenergi dan mempercepat pertumbuhan ikan.

Pemberian makanan Jangkrik pada ikan Arwana bisa membuat warna ikan lebih cerah. Selain itu jika anda memberikannya dalam keadaan hidup bisa membuat insting predator ikan tetap terjaga.

Anda bisa memberikan Jangkrik muda atau yang memiliki ukuran relatif kecil untuk ikan Arwana anda. Pastikan bahwa anda sudah memotong kaki-kaki mereka yang tajam untuk menghindari terjadinya goresan luka pada ikan ketika memakan mereka.

 

3. Udang

Udang merupakan salah satu pakan ikan hias yang disukai oleh jenis Arwana Red Silver, Arwana Golden Red, Arwana Super Red, Arwana Cross Back Golden, Arwana Jardini dan sebagainya. Pemberian pakan udang disinyalir berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan dan pembentukan warna cerah pada ikan Arwana.

Anda bisa memberikan Udang yang masih segar atau yang masih hidup agar insting predator Arwana tetap terjaga. Untuk menghindari resiko ikan tergores saat memakan Udang, anda bisa membuang sungut udang terlebih dahulu sebelum diberikan.

 

4. Cacing Beku Atau Cacing Sutra

Pemberian pakan berupa Cacing Beku Atau Cacing Sutra sangat direkomendasikan untuk ikan Arwana yang relatif masih kecil. Anda juga bisa memberikan pakan ini untuk ikan yang sedang mengalami masalah pencernaan ataupun ambeien karena teksturnya yang halus dan mudah dicerna.

Cacing Sutra merupakan salah satu pakan populer untuk berbagai jenis ikan karena kandungan gizi seperti lemak dan protein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut tentunya akan membantu ikan Arwana yang masih kecil atau sedang agar cepat besar.

 

5. Pelet Khusus Ikan Arwana

Jika anda tidak mau repot mencari pakan hidup atau menghindari ikan Arwana anda terkena bakteri, virus atau parasit yang dibawa oleh pakan hidup yang berikan, tentunya anda bisa mencoba untuk memberikan Pelet kepada ikan Arwana Silver Red anda. Saat ini tersedia sudah banyak tersedia pakan pelet khusus ikan Arwana dengan berbagai kandungan gizi, nutrisi, protein dan vitamin yang bisa anda beli di berbagai toko ikan hias ataupun marketplace online.

Pelet sejatinya bisa anda berikan sebagai makanan selingan untuk ikan Arwana anda. Dikarenakan ikan predator lebih cocok untuk diberikan makanan alami atau pakan hidup untuk menjaga insting berburu mereka seperti di alam liar pada umumnya. Selain itu pemberian pelet juga bisa anda lakukan untuk memenuhi kandungan nutrisi dan vitamin yang tidak bisa didapatkan pada pakan hidup.

 

Porsi Dan Waktu Pemberian Makanan Yang Tepat Untuk Ikan Arwana Silver Red

Ikan Arwana yang masih kecil atau muda tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang tepat agar mereka bisa bertumbuh dengan baik dan menghasilkan warna yang cerah. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan porsi dan waktu yang tepat untuk memberikan pakan agar tidak berlebihan.

Pemberian pakan yang berlebihan bisa membuat ikan anda menjadi kegemukan, pasif ataupun stress dan terkena penyakit karena kualitas air yang buruk karena banyaknya sisa-sisa makanan.

 

Porsi

Adapun berikut ini beberapa tips pemberian makanan yang tepat untuk ikan Arwana Red Silver, Arwana Golden Red, Arwana Super Red, Arwana Cross Back Golden, Arwana Jardini dan jenis lainnya.

  • Ikan arwana kecil dengan panjang sekitar 6 inci bisa diberi makan dua kali sehari atau lebih. Jika kamu sering memberikannya makan maka ikan arwana kecil akan terbiasa memakan makanan yang banyak di kemudian harinya.
  • Jika panjang arwana antara 6- 12 inci, kamu bisa mengurangi porsi makanannya menjadi dua kali sehari. Ikan arwana pada masa ini akan bertahan walaupun hanya diberi makan satu kali sehari.
  • Setelah ikan arwana mencapai 12 inci atau lebih besar lagi, kamu juga bisa mengurangi makannya lebih banyak. Kamu bisa memberikan makanan satu hari sekali dengan porsi makanan yang cukup.

Anda juga harus mengamati nafsu makan ikan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pastikan anda juga memberikan pakan yang bervariasi agar ikan tidak bosan dan insting predator mereka tetap terjaga.

Selain itu perhatikan juga limbah atau sisa-sisa makanan ikan dan kotorannya agar tidak mencemari air yang bisa membuat ikan stress dan terkena penyakit.

 

Waktu Pemberian Makanan Arwana Silver Red

Konsistensi pemberian pakan adalah salah satu kunci agar ikan anda bertumbuh dengan baik dan memiliki warna cerah serta berkualitas. Anda perlu memperhatikan kapan saja anda bisa memberikan makanan kepada ikan Arwana anda agar mereka bertumbuh dengan baik.

Berikut ini saran waktu yang direkomendasikan untuk memberikan makanan kepada ikan Arwana anda.

  • Jam 6-8 pagi anda bisa memberikan makanan ringan seperti cacing sutra atau pelet secukupnya.
  • Jam 12- 1 siang anda bisa memberikan pakan berat seperti Udang, Jangkrik atau Ulat Jerman untuk memenuhi asupan protein ikan Arwana anda. Sesuaikan jumlah pakan yang anda berikan sesuai dengan ukuran ikan dan pastikan tidak terlalu berlebihan.
  • Jam 5-6 sore anda bisa memberikan makanan kepada ikan Arwana dengan porsi yang lebih sedikit banyak karena rentang waktu hingga pemberian pakan berikutnya atau pagi hari cukup lama. Pada waktu ini anda bisa memberikan pakan hidup untuk menjaga insting predator mereka dan tetap aktif.

 

Demikianlah informasi kali ini dari Ceritaikan.com semoga bermanfaat bagi anda para pecinta ikan hias di Indonesia.

One Comment on “Cek! Ini 5 Makanan Untuk Ikan Arwana Silver Red Agar Cepat Besar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *