Mengenal Apa Itu Ikan Channa Barca

Mengenal apa itu Ikan Channa Barca – Snakehead Barca atau Channa Barca adalah jenis ikan gabus yang langka dan memiliki nilai jual yang tinggi. Ikan ini merupakan ikan endemik atau asli dari India, tepatnya di hanya dapat di temukan di lembah sungai Brahmaputra. Populasi ikan ini mulai turun dari waktu ke waktu yang membuat mereka masuk ke dalam kategori ikan sangat terancam punah oleh IUCN.

 

Klasifikasi Ilmiah Channa Barca

Adapun spesifikasi ilmiah dari Barca Snakehead (Channa barca) adalah sebagai berikut:

  • Kerajaan: Hewan
  • Divisi: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Suku: Anabantiformes
  • Keluarga: Channidae
  • Marga: Channa
  • Jenis: C.barca

 

Bentuk Fisik Dan Sifat Dari Ikan Channa Barca

Foto Channa Barca Gondrong
Foto Channa Barca Gondrong

Channa Barca termasuk ke dalam kategori gabus besar. Ikan ini bisa mencapai panjang hingga 100 cm lebih saat mereka dewasa. Menariknya menurut beberapa informasi yang didapatkan dari beberapa penelusuran google, setiap centimeter ikan ini dihargai Rp 1  juta rupiah.

Untuk warna, ikan ini terlihat mewah dengan warna biru kehijau-hijauan pada tubuh, sirip atas dan bawah. Untuk sirip belakang terdapat warna kuning keorangean di ujung-ujung siripnya.

Seperti kebanyakan sifat ikan channa pada umumnya, Barca merupakan ikan teritorial dan akan menjadi agresif ketika ada ikan lain yang masuk ke dalam wilayahnya. Mereka tidak ragu akan menyerang dan mengusir ikan tersebut yang berusaha merebut wilayah atau makanannya.

Oleh karena itulah sangat tidak disarankan untuk mencampur ikan Barca dengan ikan jenis lainnya dalam satu tangki akuarium.

 

Makanan Dan Perawatan

Channa Barca merupakan ikan predator air tawar pemakan daging atau biasa disebut karnivora. Di Habitat aslinya di sungai Brahmaputra, ikan ini terlihat bisa memakan ikan-ikan kecil yang muat di mulutnya, selain itu mereka juga memakan udang-udangan dan serangga-serangga yang bisa mereka temukan pada habitat mereka.

Jika anda memeliharanya dalam akuarium, anda bisa memberikan makanan kering berupa pelet ataupun makanan hidup berupa ikan mas kecil, ikan lele kecil ataupun udang-udangan. Kedua makanan ini akan dimakan pada umumnya, akan tetapi beberapa hobbies lebih menyarankan untuk memberikan makanan hidup agar ikan Barca menjadi sangar dan agresif serta tidak kehilangan insting predator seperti di alam aslinya. Akan tetapi untuk lebih disarankan untuk melakukan isolasi terlebih dahulu kepada pakan hidup untuk mengurangi pakan membawa parasit, bakteri atau penyakit lainnya.

Sejatinya ikan Channa merupakan ikan predator yang tangguh dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Yang perlu anda pastikan adalah pastikan kualitas air tetap terjaga dengan mengurasnya secara rutin. Lakukan pengurasan air setiap 2 sampai 3 minggu sekali dengan persentase air yang diganti 20-35% saja dari total air yang ada di akuarium. Hal tersebut dikarenakan ikan ini tidak cukup nyaman dengan air yang baru. Selalu gunakan air yang sudah diendapkan beberapa hari dan jangan pernah gunakan air PAM yang cenderung banyak mengandung kaporit.

Kualitas air yang baik tentunya akan menjadikan ikan Channa Barca tidak stress, aktif berenang dan bisa bertumbuh dengan baik.

 

Setup Tanki

Untuk tangki akuarium, anda bisa menempatkan satu tangki untuk satu ikan barca untuk menghindari terjadinya konflik yang bisa mencederai ikan. Anda bisa menyiapkan tangki yang proporsional sesuai dengan panjang ikan yang anda miliki. Hal ini tentunya membuat ikan bisa tetap aktif untuk berenang dari satu sisi ke sisi lainnya.

Selain itu karena ikan ini hidup di air yang tenang, tentunya anda tidak memerlukan filter atau alat khusus untuk menciptakan arus di akuarium anda. Untuk dekorasi anda bisa menambahkan pasir malang dan beberapa tanaman air untuk mempercantik tampilan akuarium. Dekorasikan ikan untuk memiliki tempat tempat persembunyian dan area terbuka untuk berenang.

Untuk kondisi air, pastikan tingkat keasaman air tetap terjadi di sekitaran 6,5 – 8,0 pH dengan suhu sekitar 18˚C / 65˚F untuk menjaga ikan tidak stress. Selain itu pastikan air tidak terlalu tinggi untuk memudahkan ikan mencapai permukaan air dan mengambil oksigen.

Pastikan akuarium anda memiliki jaring penutup dikarenakan hampir semua jenis ikan gabus merupakan pelompat yang handal. Tentunya anda tidak menginginkan ikan Channa Barca anda melompat dari aquarium bukan?.

 

Berapa Harga Ikan Channa Barca Terbaru?

Untuk harga ikan Channa Barca sendiri untuk saat ini masih abu-abu, hal tersebut dikarenakan ikan ini terancam punah di habitat aslinya. Sangat disarankan untuk tidak membeli ikan ini secara ilegal ataupun menangkapnya langsung dari alam untuk menjaga kelestarian populasinya.

 

Demikianlah informasi kali ini dari situs Ceritaikan.com tentang ikan predator hias yang langka dan mahal, yaitu Snakehead Barca atau Channa Barca. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari-cari informasi seputar ikan hias air tawar.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page