Mengenal Ikan Cupang Kepala Ular (Betta Channoides)

Mengenal Ikan Cupang Kepala Ular (Betta Channoides)

Cupang Kepala Ular (Betta Channoides) adalah salah satu jenis ikan cupang endemik Indonesia dengan habitat asli di sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Ini termasuk ke dalam Wild Beta yang cukup populer bagi para pecinta ikan hias di seluruh dunia karena corak warnanya yang cantik dan elegan. Dalam beberapa kontes Wild Beta, Betta Channoides termasuk ikan yang sering menjadi pemenang karena penampilan dan corak warnanya yang atraktif. Hal tersebutlah yang menjadikan ikan ini termasuk ke dalam salah satu jenis ikan cupang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Klasifikasi ilmiah Cupang Kepala Ular (Betta Channoides):

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Subfilum: Vertebrata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Perciformes
  • Famili: Osphronemidae
  • Genus: Betta
  • Spesies: B. channoides

Nama Channoides digunakan dikarenakan ikan ini memiliki kepala yang mirip seperti ular, layaknya seperti ikan gabus atau Channa.

 

Ciri Fisik Dan Habitat Ikan Cupang Betta Channoides

Foto Ikan Cupang Kepala Ular (Betta Channoides)
Foto Ikan Cupang Kepala Ular (Betta Channoides)

Selain kepalanya yang mirip seperti kepala ular, ciri-ciri lain khas dari ikan cupang ini adalah warna merah kecoklatan dan garis putih di setiap sisi siripnya. Untuk membedakan mana ikan jantan dan betina, warna ikan merah kecoklatan pada ikan Cupang Kepala Ular pada betina cenderung lebih pucat dibandingkan ikan jantan. Untuk ukuran, ikan ini dapat tumbuh maksimal hingga 5-6 cm.

  1. Channoides hidup di air yang tenang di sepanjang sungai Mahakam, Kalimantan Timur, mereka biasanya berada di dekat-dekat daun dan akar pepohonan.

 

Perawatan Dalam Akuarium

Sejatinya ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang cukup tangguh dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Anda bisa memelihara ikan ini dalam toples akuarium dengan suhu air 24-27 derajat Celcius dengan pH 5-6 dan gH di bawah 1. Anda bisa memberikan daun ketapang agar ikan semakin nyaman dengan tempat tinggalnya.

Untuk pakan anda bisa memberikan pakan hidup berupa cacing tanah, cacing sutra, jentik nyamuk ataupun pakan lain berupa cacing beku. Pemberian pakan bisa dilakukan 2-3 kali sehari sesuai dengan nafsu makan ikan.

Jaga selalu kualitas air agar tetap bersih agar ikan tidak stress dan rentan terkena penyakit. Anda bisa melakukan pergantian air 2-3 kali dalam seminggu dengan hanya mengganti 30-40% air yang ada di toples akuarium dengan air yang baru. Hal tersebut membantu ikan untuk bisa dengan cepat beradaptasi dengan air yang baru.

 

Demikianlah artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang membahas tentang “Mengenal Ikan Cupang Kepala Ular (Betta Channoides)”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber informasi baru bagi anda para pecinta ikan hias cupang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *