Penyakit Pop Eye Pada Ikan Dan Pengobatannya

Gambar Ikan Channa Auranti Terkena Penyakit Pop Eye

Penyakit Mata Menonjol Atau Pop Eye merupakan salah satu penyakit pada ikan yang sering dijumpai pada ikan hias akuarium. Penyakit ini bisa saja menjangkiti ikan-ikan hias seperti Channa, Arwana, Koi, Ikan Mas Koki dan sebagainya.

Ciri-ciri utama jika ikan yang kita miliki terkenang penyakit ini adalah ikan akan memiliki mata yang menonjol keluar, bengkak dan terlihat keruh. JIka hal tersebut dibiarkan bisa saja merusak mata dan penglihatan ikan hias yang kita miliki.

Biarpun penyakit mata ikan menonjol atau Popeye disease bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi dalam beberapa kondisi anda juga harus melakukan pengobatan dengan segera.

Pada artikel berikut ini Ceritaikan.com akan memberikan langkah-langkah pengobatan penyakit ikan mata menonjol.

 

Apa Itu Penyakit Mata Menonjol Atau Pop Eye?

Pop Eye (Exophthalmia) atau mata ikan menonjol adalah penyakit pada ikan yang bisa menyebabkan mata mereka terlihat menonjol keluar. Penyakit ini akan membuat mata ikan terlihat tidak normal atau bengkak serta terlihat keruh. Pop Eye bisa menyerang salah satu mata ikan atau bahkan kedua matanya.

Ikan yang terkena penyakit ini tentunya akan memiliki penglihatan yang buruk. Hal tersebut bisa menyebabkan ikan kesulitan untuk melihat makanannya atau bahkan bisa membuat ikan menabrak dinding aquarium yang bisa menyebabkan cedera pada ikan. Selain itu jika tidak ditangani dengan baik bisa saja menyebabkan luka permanen yang bisa merusak tampilan ikan dan bahkan mengakibatkan kebutaan pada ikan.

 

Penyebab

Penyebab penyakit Popeye pada ikan bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya seperti:

  • Terjadi perkelahian antara ikan, hal ini bisa anda simpulkan jika hanya salah satu mata ikan saja yang mengalami pembengkakan
  • Ikan membentur batu atau dinding akuarium yang mengakibatkan mata ikan cidera
  • Infeksi bakteri atau parasit yang mengakibatkan kedua mata ikan menonjol keluar. Selain itu biasanya ikan juga akan mengalami penyakit lain secara bersamaan, seperti pembengkakan di perut dan sebagainya.
  • Kualitas air yang buruk juga bisa menyebabkan terjadinya Popeye, hal ini ditandai dengan terjangkitnya penyakit ke beberapa ikan sekaligus

Setelah anda bisa mengidentifikasi penyebab terjadinya Popeye atau pembengkakan pada mata ikan Channa, Arwana, Koi, Ikan Mas Koki dan sebagainya. Anda bisa mengetahui perawatan yang tepat untuk pengobatan selanjutnya.

 

Proses Pengobatan Penyakit Pop Eye

Adapun langkah-langkah umum pengobatan penyakit mata menonjol atau Pop Eye pada ikan adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan karantina terhadap ikan yang terkena penyakit. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadi cedera lanjutan karena perkelahian dengan ikan lain ataupun penyakit menyebar ke ikan lain jika penyebabnya adalah virus atau bakteri ataupun kualitas air yang kurang baik.
  2. Anda bisa gunakan obat antibiotik ringan seperti Methylene Blue yang bisa anda tetes kan dengan akuarium sesuai dengan dosis yang disarankan untuk pengobatan Pop Eye.
  3. Jaga terus kualitas air dan lakukan perawatan dan pemberian makan yang teratur sampai kondisi mata ikan mulai terlihat membaik.
  4. Anda bisa gunakan garam akuarium saat melihat kondisi mata ikan sudah membaik atau mengecil untuk mempercepat penyembuhan.
  5. Pantau terus kondisi air dan kondisi ikan sampai benar-benar sembuh.

Untuk mencegah kembali terjadinya penyakit mata ikan menonjol atau pop eye pada ikan hias. Anda bisa melakukan pengurasan air akuarium yang rutin dan memberikan pakan yang berkualitas agar ikan tidak stress dan nutrisinya terpenuhi. Dengan demikian terjadinya penyakit pop eye pada mata ikan bisa diminimalisir.

 

Demikianlah tips kali ini dari situs Ceritaikan.com untuk anda para pecinta hias yang sedang membutuhkan informasi seputar “Penyakit Pop Eye Pada Ikan Dan Pengobatannya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *