Panduan Perawatan Harian Ikan Channa Untuk Pemula

Panduan Perawatan Harian Ikan Channa Untuk Pemula – Ikan Channa atau gabus hias belakangan ini menjadi salah satu ikan hias predator yang populer untuk dipelihara. Pilihan variasi yang beragam dengan corak warna yang indah dan sifat yang agresif menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan tersebut. Selain itu bisa dibilang ikan predator ini cukup mudah dipelihara untuk para pemula karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Sebagai orang yang baru saja membeli dan memelihara ikan Channa tentunya wajib mengetahui treament harian untuk  menjaga kesehatan dan kesejahteraan ikan tersbut dalam akuarium. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan harian yang dapat membantu menjaga kesehatan ikan Channa kesayangan anda.

 

1. Makanan

Saat memelihara ikan Channa tentunya kita harus memberikan mereka makan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Anda perlu memberikan makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang dan usahakan tidak berlebihan. Dalam sehari, anda bisa memberikan ikan gabus hias tersebut dua sampai 3 kali sehari dengan porsi yang disesuaikan dengan ukuran tubuh mereka.

Adapun makanan terbaik untuk ikan channa diantaranya adalah:

  • Udang untuk membuat warna ikan menjadi cantik
  • Maggot mengandung nutrisi dan protein yang lengkap
  • Jangkrik hidup untuk membuat ikan channa lebih agresif
  • Ikan kecil untuk melatih insting berburu dan sifat predatornya
  • Channa Food ntuk membantu memaksimalkan pertumbuhan pigmen yang dimiliki ikan.

Sangat disarankan untuk memberikan makanan yang beragam agar kebutuhan ikan akan nutrisi, gizi dan protein terpenuhi dari masing-masing pakan yang diberikan.

 

2. Menguras Air Secara Rutin

Biarpun ikan channa termasuk ikan yang cukup tangguh di kondisi air yang buruk. Akan tetapi anda juga tetap perlu memperhatikan kondisi kebersihan air dalam akuarium. Kondisi air yang buruk bisa menyebabkan penyakit dan stress pada ikan channa yang tentunya akan mengganggu pertumbuhan mereka ataupun bisa menyebabkan kerusakan bagian tubuh atau kematian pada ikan.

Sangat disarankan bagi anda untuk menguras air secara rutin dan menggantinya dengan air yang baru untuk menjaga kualitas air tetap bersih. Anda bisa melakukan pengurasan air setiap satu atau dua minggu sekali dengan hanya mengganti 30-40% air yang di akuarium dengan air yang baru.

 

3. Memperhatikan Kondisi Ikan

Seperti makhluk hidup pada umumnya, ikan predator hias ini juga bisa mengalami stress ataupun sakit. Dengan mengetahui gejala-gejala lebih awal tentunya kita bisa memulihkan dan mengobati mereka lebih awal. Oleh karena itu pastikan anda meluangkan waktu anda sedikit untuk memperhatikan kondisi ikan setiap harinya, apakah mereka aktif, tidak ada luka, sirip-sirip mengembang, memiliki nafsu makan yang baik dan sebagainya.

 

4. Berinteraksi Dengan Ikan Channa

Seperti yang kita tahu ikan channa merupakan salah satu ikan hias predator air tawar yang bisa di ajak berinteraksi. Ini merupakan ikan yang agresif dan cukup memacu adrenalin ketika di ajak bermain. Mengajak bermain ikan ini merupakan salah satu cara untuk memunculkan sifat predator mereka dan juga membuat ikan menjadi lebih aktif.

 

5. Menjaga Kebersihan Akuarium

Anda juga perlu Bersihkan peralatan akuarium seperti filter, pompa air, dan aksesori lainnya secara teratur untuk menghindari timbulnya kotoran yang dapat membahayakan ikan channa predator yang anda pelihara.

 

Demikianlah panduan perawatan harian ikan channa untuk pemula dari situs Ceritaikan.com. Dengan melakukan perawatan harian yang tepat, ikan predator dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pemiliknya.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page