Protein Skimmer: Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya

Protein skimmer merupakan salah saru perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para hobiis akuarium air laut. Alat ini tersedia di berbagai toko perlengkapan ikan baik offline ataupun online dengan berbagai variasi harga dan spek.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu protein skimmer, anda bisa cek pembahasannya pada artikel dari Ceritaikan.com berikut ini.

 

Apa Itu Protein Skimmer?

Protein skimmer adalah seperangkat alat yang digunakan pada aquarium air laut untuk mendukung kehidupan ekosistem yang ada. Ini merupakan alat yang wajib dimiliki oleh para hobiis khususnya yang berorientasi pada terumbu karang.

Cara kerja dari dari alat ini adalah menciptakan kontak antara gelembung udara dengan koloid dn partikel – partikel padat. Efektivitas alat ini sangat bergantung pada jumlah udara yang ditiupkan, ukuran gelembung udara, laju pergerakan gelembung dalam air, dan debit air.

 

Fungsi

Skimmer memiliki fungsi untuk memisahkan bahan padat yang terlarur di dalam air menggunakan gelembung udara yang ditiupkan kedalam kolom air. Kotoran organik termasuk kotoran ikan, sisa-sisa makanan dan protein pada aquarium akan terbuang oleh alat ini melalui gelembung-gelembung yang dikeluarkan.

Gerakan air mempercepat difusi molekul organik, yang secara efektif membawa lebih banyak molekul organik ke udara. Kotoran-kotoran lalu dibawa oleh gelembung-gelembung kecil dan dikumpulkan pada ‘Skimmate Collection Cup’

 

Manfaat

Berkat kotoran-kotoran atau sisa-sisa makanan yang terbuang menggunakan alat ini. Tentunya bisa menjaga kualitas air laut tetap terjaga dan bisa mendukung kehidupan yang ada di dalam akuarium. Bisa dibilang alat ini adalah proses tiruan untuk menduplikasi fenomena alam dimana buih-buih air laut akan membawa berbagai macam padatan ke pantai dengan bantuan ombak.

 

Penggunaan Protein Skimmer Pada Akuarium Air Laut

Protein skimmer biasanya diletakkan dalam sebuah akuarium seukuran main tank atau lebih kecil dari main tank yang disebut SUMP, hal ini dikarenakan alat ini memiliki ukurang yang cukup besar dan memakan ruang, dan bila diletakkan pada main tank akan menjadikan ruang gerak ikan jadi sempit.

 

Demikianlah informasi kali ini tentang “Protein Skimmer: Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda para hobiis akuarium air laut.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page