8 Tankmate Ikan Arwana Yang Direkomendasikan

8 Tankmate Ikan Arwana Yang Direkomendasikan

Banyak yang beranggapan bahwa ikan predator seperti Arwana tidak bisa digabungkan dengan ikan hias lainnya dalam satu tangki akuarium yang sama. Kenyataannya ikan ini bisa digabung dengan ikan hias lainnya dan menjadi tankmate mereka. Bahkan ikan tankmate arwana ini memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup penting bagi ekosistem di dalam akuarium, salah satunya adalah membersihkan sisa-sisa makanan dan lumut atau alga.

Akan tetapi untuk memiliki teman atau tankmate untuk ikan arwana tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu pada artikel kali ini Ceritaikan.com akan memberikan beberapa rekomendasi ikan hias yang cocok untuk menjadi tankmate ikan arwana.

 

8 Tankmate Ikan Arwana Yang Direkomendasikan

 Berikut ini daftar tankmate ikan arwana yang direkomendasikan untuk anda.

 

1. Ikan Kapiat

Foto Ikan Kapiat Rekomendasi Tankmate Arwana
Foto Ikan Kapiat Rekomendasi Tankmate Arwana

Ikan pertama yang direkomendasikan sebagai tankmate ikan arwana, yaitu ikan Kapiat. Disini ikan kapiat akan memiliki fungsi untuk memakan sisa-sisa makanan yang kita berikan untuk ikan arwana. Jadinya kualitas dan kebersihan air tetap terjaga dengan adanya ikan ikan ini.

Adapun hal yang perlu anda perhatikan sebelum menempatkan ikan kapiat sebagai tankmate ikan arwana adalah pastikan ukurannya cukup besar. Seperti yang kita tahu ikan arwana merupakan ikan predator, ia akan memakan ikan apa saja yang muat di mulut mereka. Jadi jika anda menempatkan ikan yang kecil, tentu saja ada kemungkinan ikan tersebut akan dimakan.

Dikarenakan ikan kapiat merupakan ikan koloni, anda bisa menempatkan 3-5 ekor ikan agar mereka tidak stress dan menjadi bulan-bulanan ikan arwana anda.

 

2. Ikan Peacock Bass

Foto Peacock Bass Kelberi
Foto Peacock Bass Kelberi

Jika anda membutuhkan ikan predator lain untuk digabungkan dengan ikan arwana sebagai tankmate, ikan Peacock Bass bisa jadi pilihan yang tepat. Ikan Peacock Bass adalah ikan predator diurnal yang berasal dari lembah Amazon dan Orinoco, serta sungai-sungai di Guyana, di Amerika Selatan.

Ikan ini memiliki warna dan corak yang unik yang membuatnya menjadi ikan predator yang cukup populer untuk dipelihara para pecinta ikan hias. Selain itu sifat yang tenang dan serta mudah dipelihara sangat cocok untuk dicampur dengan ikan arwana dalam satu tangki akuarium.

 

3. Ikan Silver Dollar

Foto Ikan Silver Dollar
Foto Ikan Silver Dollar

Jenis ikan selanjutnya yang direkomendasi adalah ikan Silver Dollar, ikan tropis milik keluarga Characidae yang berkerabat dekat dengan piranha dan pacu. Biarpun kerabat dekat ikan piranha dan pacu, ikan ini bukanlah ikan yang agresif dan suka menyerang ikan lain. Kegunaan ikan ini dalam akuarium hampir sama dengan ikan kapiat, yaitu membersihkan sisa-sisa makanan dari ikan arwana.

Biarpun ikan ini berasal dari Berasal dari Amerika Selatan, saat ini anda dapat mudah mendapatkannya dari toko ikan hias ataupun membelinya melalui marketplace online.

Bagi anda yang berencana menempatkan ikan ini sebagai tankmate ikan arwana. Sangat disarankan untuk menempatkan ikan Silver Dollar dalam satu koloni ikan, yaitu 3-4 ekor agar mereka tidak stress.

 

4. Ikan Red Tail Catfish atau RTC

Foto Ikan Red Tail Catfish Dan Arwana Dalam Satu Akuarium
Foto Ikan Red Tail Catfish Dan Arwana Dalam Satu Akuarium

Red Tail Catfish atau RTC merupakan ikan predator dari keluarga ikan lele yang cukup populer di kalangan penghobi. Ikan ini bisa menjadi salah satu tankmate ikan arwana dimana mereka akan membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dasar. Untuk sifatnya sendiri, ikan ini termasuk ikan predator yang agresif dan bisa memangsa ikan lain yang lebih kecil atau muat di mulut mereka. Oleh karena itu pastikan ikan arwana anda cukup besar untuk digabungkan dengan ikan RTC dalam satu akuarium.

 

5. Ikan Pari

Foto Ikan Pari
Foto Ikan Pari Cocok Untuk Tankmate Arwana

Jika anda menginginkan ikan yang cenderung suka berada di dasar, ikan pari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi teman ikan arwana anda. Ikan ini memiliki warna dan corak yang berbeda-beda, jadi semakin banyak variasi ikan pari yang bisa dipilih untuk membuat akuarium anda tampak lebih menarik dan mewah.

Untuk perawatan ikan pari bisa dibilang cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan sistem filtrasi untuk menjaga kualitas air tetap terjaga. Selain itu pastikan anda memberikan mereka pakan yang tenggelam ke dasar.

 

6. American Flagtail alias Ikan Bendera

Ikan Pembersih Akuarium, American Flagtail alias Ikan Bendera
Ikan Pembersih Akuarium, American Flagtail alias Ikan Bendera

American Flagtail alias Ikan Bendera merupakan ikan hias yang banyak digunakan sebagai tankmate ikan predator. Mereka termasuk ikan pembersih yang sisa makanan dan lumut-lumut yang menempel pada tangki akuarium. Ikan ini sering cocok digabungkan dengan berbagai macam ikan predator seperti arwana, oscar, peacock bass bahkan ikan channa.

Selain itu ikan ini memiliki ekor yang dihiasi dengan corak yang indah, warna merah pada sirip dibawah perut dan ekor semakin membuat nya enak dipandang dalam tanki akuarium bersama ikan arwana.

Jika anda menginginkan ikan pembersih yang memiliki tampilan yang cantik dan gaya renang yang anggun, Ikan Bendera bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

7. Ikan Pleco atau Ikan Sapu-Sapu

Foto Ikan Pleco atau Ikan Sapu-Sapu
Foto Ikan Pleco atau Ikan Sapu-Sapu

Sesuai dengan sebutannya, ikan sapu-sapu merupakan ikan yang sangat rajin menghabiskan sisa-sisa makan dan lumut-lumut yang menempel pada kaca aquarium. Mulutnya yang seperti alat penghisap membuat mereka sangat efektif untuk memakan alga atau lumut yang menempel pada kaca atau bebatuan yang ada di akuarium.

Selain itu banyak variasi pleco atau ikan sapu-sapu yang bisa anda pilih dengan berbagai macam warna yang menarik, contohnya seperti Leopard Frog pleco, Synodontis, Xingu Baryancistrus, Hypancistrus Zebra, Golden Royal Line, Blue Phantom Pleco dan masih banyak lainnya. Harganya yang cukup terjangkau membuat ikan ini sangat populer dijadikan sebagai ikan pembersih dan tankmate bagi berbagai macam ikan predator.

 

8. Ikan Red Parrot Cichlid

Foto Ikan Red Parrot Cichlid
Foto Ikan Red Parrot Cichlid

Red Blood Parrot Cichlid adalah persilangan antara midas dan redhead cichlid, meskipun spesies induk sebenarnya belum dikonfirmasi oleh peternak. Ikan ini pertama kali diciptakan di Taiwan sekitar tahun 1986. Blood parrot tidak sama dengan parrot cichlid atau salt water parrotfish.

 ikan ini memiliki penampilan yang unik, ini merupakan salah satu alasan utama mengapa mereka begitu populer di kalangan para hobbies. Selain itu bentuk fisik yang besar dan bulat serta warna orange terang tentunya menjadikan ini semakin menarik untuk dilihat dan menjadi tankmate ikan arwana anda.

 

Demikianlah artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang memberikan informasi seputar “8 Tankmate Ikan Arwana Yang Direkomendasikan”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan anda bisa membaca artikel menarik lainnya yang ada di situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *