Tips Memilih Bahan Baby Channa Maru Untuk Kontes

Tips Memilih Bahan Baby Channa Maru Untuk Kontes– Kepopuleran ikan Channa saat ini bisa dibilang menyaingi pamor ikan Arwana dan Louhan yang sudah lebih dahulu digemari oleh para hobbies ikan.

Belakangan  sudah banyak kontes ikan Channa yang diselenggarakan secara rutin di beberapa kota besar di Indonesia dengan minat peserta yang cukup besar. Salah satu kategori kontes yang menarik adalah kelas Channa Maru.

Dengan mengikuti kontes tentunya kita sebagai pemain Channa akan mendapatkan banyak relasi dan teman baru serta bertukan dan ilmu-ilmu baru seputar pemeliharaan Channa dari para peserta. Selain itu dengan memenangkan sebuah kontes kita akan mendapatkan hadiah dan sertifikat, serta yang paling penting adalah nilai dari Channa Maru yang kita miliki akan menjadi semakin mahal.

Lalu apa saja kriteria yang dinilai oleh para juri untuk menentukan juara kontes kategori Channa Maru?

 

Kriteria Penilaian Kontes Channa Maru

Contoh Gambar Kartu Penilaian Kontes Channa Marulioides
Contoh Gambar Kartu Penilaian Kontes Channa Maru

Adapun kriteria yang dinilai untuk seokor Channa Maru atau Channa Maru dinobatkan sebagai pemenang kontes adalah sebagai berikut:

1. Adaptasi Ikan

Ikan yang mengikuti kontes tentunya harus menempati tank baru yang sudah disediakan panitia penyelenggara kontes. Karena ikan ini bersifat teritorial, otomatis Ikan Channa Maru anda harus beradaptasi. Jika ikan anda memiliki mental yang bagus, maka proses adaptasi dengan akuarium dan kondisi air yang bagus menjadi lebih cepat.

Jika sudah beradaptasi maka ikan anda menjadi lebih aktif dan galak. Ikan yang bermental kurang bagus akan lebih sulit beradaptasi dan mengakibatkan ikan tersebut hanya diam saja di pojokan atau di dasar akuarium dikarenakan stress.

Ikan yang lebih aktif dan galak tentunya hal ini menjadi salah satu kriteria penilaian dalam penjurian. Hal tersebut karena sejatinya ikan Channa adalah ikan predator dan pemangsa puncak di habitat aslinya.

2. Bunga

Buang yang dimaksud ini adalah corak-corak yang ada di sisi samping dari ikan Channa. Bunga yang rapi, tebal dan memenuhi tubuh ikan tentunya akan memberikan poin tinggi dalam kriteria penjurian dalam kontes. Selain itu pastikan jumlah bunga antara sisi kanan dan sisi kiri memiliki jumlah yang sama.

3. Warna Ikan

Warna yang menarik dan cerah tentunya menjadi daya tarik sendiri yang bisa membuat mata para juri ataupun pengunjung terasa ‘pedih‘. Jika anda terjun ke dalam kategori kelas Yellow Maru, pastikan ikan anda memiliki warna kuning ke orange-orangean.

4. Mental Galak

Sebagai ikan predator, memiliki mental galak dan buas tentunya hal yang wajib untuk ikan Channa pada umumnya. Ikan Channa yang memiliki mental yang bagus biasanya langsung bereaksi walaupun hanya didekati saja. Tentunya hal ini menjadi nilai plus bagi juri dalam menentukan juara dibandingkan ikan Channa yang baru merespon ketika diberi pointer (tangan, pulpen, kaca, dan sebagainya).

5. Bar

Bar pada tubuh ikan Channa Maru juga menjadi salah satu kriteria yang dinilai oleh para juri. Ikan yang memiliki bar simetris atau rapih dengan warna yang bar tebal tentunya akan mendapatkan poin yang bagus dari pada juri.

6. Anatomi dan Proporsi

Kriteria terakhir yang menjadi penilaian juri dalam menentukan juara kontes ikan Channa adalah bentuk tubuh atau anatomi dan proporsi. Anatomi sendiri dinilai mulai dari bentuk sirip atas atau dorsal, sirip bawah atau anal, sirip dayung, ekor, hingga bentuk kepala ikan.

Sedangkan dari proporsi yang dinilai adalah bentuk tubuh ikan Channa secara keseluruhan, disini yang dilihat adalah takaran ideal secara visual. Proporsi yang bagus yang pasti panjang, lebar serta lingkar tubuh ikan proporsional atau tidak terlihat kurus atau kegemukan.

 

Tips Memilih Bahan Baby Channa Maru Untuk Kontes

Contoh Gambar Baby Channa Maru Untuk Kontes
Contoh Gambar Baby Channa Maru Untuk Kontes

Jika sudah tau kriteria-kriteria penilaian oleh para juri untuk menentukan pemenang dalam kontes ikan Channa Maru. Selanjutnya anda akan mengetahui tips memilih bahan anakan Channa Maru untuk kontes.

Adapun beberapa tips untuk memilih bahan baby atau anakan Channa Maru yang disiapkan untuk kontes kejuaraan ikan adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Bar Yang Rapih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bar termasuk ke dalam kriteria penjurian. Pastikan anakan yang anda pilih sebagai bahan kontes memiliki Bar yang rapi.

Bar yang rapi adalah motif garis pada sisi ikan Channa memiliki jarak yang sama satu sama lain. Jika jarang bar pertama dan kedua dekat, maka jarak bar selanjutnya juga dekat dan jika jarak antara bar pertama dengan kedua jauh, maka jarak bar selanjutnya juga harus jauh.

Selain itu jarak Bar yang rapi saat masih anakan, membuat ikan terlihat lebih menarik saat corak bunga-bunga pada sisi ikan sudah mulai tumbuh atau muncul saat ikan sudah dewasa atau menuju dewasa.

2. Memiliki Bar Yang Simetris

Bar simetris adalah dimana ikan anda memiliki jumlah corak baru yang sama antara sisi kanan dan sisi kiri. Jika sisi kanan 6 maka sisi kiri juga harus memiliki 6 bar.

Selain itu pastikan bar dari setiap sisi garis sejajar antara kanan dan kiri. Untuk memastikan sejajar atau tidak, anda bisa mengecek nya dari tampilan atas ikan, jadi anda bisa melihat sisi kanan dan kiri dalam satu view untuk memastikan sejajar atau tidak.

3. Mental, Bunga dan Warna

Sebenarnya mental, bunga dan warna tidak bisa terlihat atau dinilai dengan jelas saat masih anakan. Karena ketiga hal tersebut masuk dalam progres atau hal yang bisa dicapai sesuai dengan perawatan yang anda berikan.

Mental akan terbentuk bagaimana anda melakukan perawatannya. Untuk mengetahui cara membentuk mental, anda bisa cek tautan artikel berikut “Cara Menaikkan Mental Channa Agar Galak Dan Agresif“.

Untuk warna yang cerah lebih tergantung dari gen yang dibawa oleh ikan tersebut dari orang tuanya atau indukan. Jadi sebelum memilih anakan untuk kontes Channa, sebaiknya anda cek dulu warna dari indukan baby tersebut.

Sedangkan untuk corak bunga  ikan Channa Maru akan terbentuk secara alami seiring ikan tersebut bertambah dewasa.

Bisa disimpulkan poin ketiga ini ditentukan dari perawatan yang diberikan dan gen yang dibawa dari indukan.

 

Kesimpulan

Memenangkan sebuah kontes kejuaraan ikan Channa Maru tentunya akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita. Selain harga ikan yang akan naik, tentunya kita juga akan lebih dihargai di komunitas dan mendapatkan teman-teman baru dengan hobi yang sama.

Akan tetapi hal tersebut tentunya tidak akan mudah untuk dicapai, karena butuh ketelatenan, bahan yang bagus, perawatan yang bagus dan keberuntungan.

 

Sekian dulu artikel kali ini dari Ceritaikan.com yang membahas tentang sebuah artikel dengan judul “Tips Memilih Bahan Baby Channa Maru Untuk Kontes”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda untuk mendapatkan bahan kontes terbaik dan bahkan memenangkan kontes kejuaraan ikan yang nantinya anda ikuti. Terima kasih sudah membaca.

1 thought on “Tips Memilih Bahan Baby Channa Maru Untuk Kontes”

Leave a Comment

You cannot copy content of this page